IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Makanan Sehat Bernutrisi: Sudahkah Makananmu Mengandung 7 Zat Gizi Ini?

Makanan Sehat Bernutrisi: Sudahkah Makananmu Mengandung 7 Zat Gizi Ini?

Menurunkan atau menjaga berat badan hanya dengan berolahraga tentu saja nggak cukup. Kita tetap perlu bahan bakar yang baik berupa makanan sehat bernutrisi untuk pertumbuhan dan fungsi tubuh kita. 

Apa saja sih nutrien yang harus ada dalam makanan sehat bernutrisi? Dan bagaimana zat-zat tersebut berpengaruh dalam tubuh kita?

MAKRONUTRIEN: KARBOHIDRAT, PROTEIN, DAN LEMAK

Makanan yang kita makan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh kita untuk bekerja. Sama halnya dengan saat kita mengisi bahan bakar buat kendaraan kita atau mengisi baterai ponsel, tubuh kita perlu diberi asupan makanan sebagai sumber energi sehari-hari. Di sinilah makronutrien–karbohidrat, protein, dan lemak–berperan penting. 

Karbohidrat

Glukosa adalah bentuk karbohidrat yang paling disukai tubuh kita. Selain jadi glukosa, karbohidrat juga dipecah menjadi fruktosa dan galaktosa. Gimana kalau kita nggak makan cukup karbohidrat? Tubuh kita akan membentuk glukosa dari protein melalui proses yang disebut glukoneogenesis. Namun, jika kita mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, tubuh kita akan mengubah sisanya menjadi lemak dan menyimpannya di jaringan adiposa kita yang terletak di berbagai bagian dalam tubuh, seperti jaringan kulit, antara otot-otot, sekitar ginjal dan hati, dan di sekitar perut. 

Protein

Protein yang kita konsumsi akan dipecah menjadi beberapa asam amino. Asam-asam amino ini digunakan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan-jaringannya yang rusak. Selain itu, otot terbentuk dari banyak sekali protein, yang butuh untuk diisi ulang melalui makanan. Tubuh bahkan juga menggunakan protein dalam membentuk sistem kekebalan, sistem saraf, hormon, serta organnya. 

Lemak 

Tubuh juga membutuhkan lemak makanan karena perannya yang bertanggung jawab dalam penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, sebagai sinyal hormon, pertumbuhan dan perkembangan otak, serta berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit. Tubuh juga dapat menggunakan lemak sebagai bahan bakar, terutama saat berolahraga.

MIKRONUTRIEN: VITAMIN DAN MINERAL

Mikronutrien—vitamin dan mineral yang kita dapatkan dari makanan—sama pentingnya dengan karbohidrat, protein, dan lemak, walaupun kita hanya membutuhkannya dalam jumlah kecil. Mikronutrien biasanya berfungsi sebagai koenzim, yang berarti membantu mempercepat beberapa reaksi kimia dalam tubuh.

Ada beberapa mikronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi, yaitu: 

  • Vitamin B Kompleks membantu mengubah karbohidrat menjadi energi
  • Vitamin A meningkatkan penglihatan 
  • Vitamin C membantu menjaga jaringan ikat tetap kuat serta sistem kekebalan tetap berfungsi
  • Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium yang tepat
  • Zinc berperan dalam banyak proses metabolisme

Kalsium jadi mineral yang paling banyak diketahui orang karena banyak disimpan dalam tulang dan gigi yang jadi fokus kebanyakan orang. Zat ini memang memiliki beberapa fungsi dalam tubuh. Oleh karena itu, kita memerlukannya dari makanan kita untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat. Mineral lain yang mungkin sering kamu dengar adalah zat besi.

ANTIOKSIDAN DAN FITOKIMIA

nutrien dalam makanan sehat bernutrisi

Photo by Yaroslav Shuraev from Pexels

Nutrisi yang baik menyediakan lebih dari energi, komponen struktural, vitamin, dan mineral. Antioksidan adalah fitokimia dalam buah dan sayuran (yang memberi warna cerah). Beberapa vitamin dan asam amino bahkan berfungsi sebagai antioksidan juga. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang berasal dari matahari, polusi, asap, dan pilihan makanan yang buruk.

Sedangkan, fitokimia adalah antioksidan yang ditemukan dalam makanan nabati. Meskipun mereka tidak diperlukan untuk fungsi tubuh, mereka mungkin memiliki dampak yang sangat kuat pada kesehatan kita. Misalnya, quercetin, yang bisa ditemukan pada apel merah, bekerja seperti antihistamin dan memiliki efek anti-inflamasi.

Nah, itu tadi zat gizi yang harus ada dalam makanan sehat kita. Kalau minimates ingin tahu lebih lanjut soal makanan sehat bernutrisi, jangan lupa ikut webinar “Deep Talk: Apa itu Makanan Sehat Bernutrisi?” bersama Cindy Owada tanggal 20 Maret 2022 pukul 6 sore. Pastikan kamu registrasi terlebih dahulu, ya! 


Cover Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...