IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Biar Tetap Aman dan Nyaman, Ini Dia Tips Memilih Cycling Shorts Sesuai Kebutuhan Kamu

Biar Tetap Aman dan Nyaman, Ini Dia Tips Memilih Cycling Shorts Sesuai Kebutuhan Kamu

Buat minimates yang suka bersepeda, apa sih hal yang paling kalian perhatikan untuk menambah rasa nyaman saat bersepeda? Kalau minimin jelas paling memperhatikan outfit yang minimin kenakan, terutama shorts. Beberapa orang mungkin merasa cukup dengan memakai celana training biasa, tapi memakai shorts yang bisa mengikuti bentuk tubuh will definitely hit different karena bisa memberikan kenyamanan dan fungsi yang nggak kita dapatkan dari celana biasa. Hal ini tentunya juga harus memperhatikan beberapa tips memilih cycling shorts

Cycling shorts harus yang bagaimana? 

Saat bersepeda, terutama jika kamu bersepeda dengan jarak yang panjang dan tingkat kesulitan yang tinggi, shorts yang dipilih haruslah memiliki beberapa kriteria, seperti adanya padding, seams yang terletak di bagian strategis pada shorts, material yang fleksibel, dan dapat mengikuti bentuk tubuh kita. Material dengan kriteria semacam ini bisa mengurangi hambatan udara dan memungkinkan rentang gerak yang penuh pada sepeda. Nilai plus lainnya yaitu bisa memberikan sirkulasi udara dan penahan angin yang tepat saat kamu bersepeda. 


Fitur yang paling penting dari cycling shorts adalah seams yang pendek dan ekstra padding untuk mengurangi gesekan dan rasa nggak nyaman saat bersepeda. Selain itu, cycling shorts juga baiknya dibuat dengan material yang fleksibel seperti Lycra atau spandex yang memiliki karakter shape retention sehingga memberikan keleluasaan untuk kamu saat mengayuh.

Tips Memilih Cycling Shorts gambar 1

Photo by Coen van de Broek on Unsplash

Tips memilih cycling shorts 

Well-fitted atau baggy 

Tips memilih cycling shorts juga harus disesuaikan dengan gaya dan kebutuhan kamu saat bersepeda. Cycling shorts yang well-fitted atau ketat cocok dipakai buat kamu yang suka bersepeda dengan durasi yang lama dan cenderung mengayuh dengan cepat. Shorts jenis ini memberikan kenyamanan dan aerodinamis yang paling kamu butuhkan. Sedangkan, baggy shorts dengan inner liner lebih cocok untuk kamu yang bersepeda dengan santai dan nggak banyak menghabiskan waktu di atas sepeda serta lebih mengutamakan look ketimbang kecepatan. 

tips memilih cycling shorts gambar 2

Padding 

Tips memilih cycling shorts selanjutnya yaitu pemilihan padding yang ditentukan pada seberapa intens aktivitas bersepedamu. Ada banyak macam tipe padding dengan bahan dan konstruksi yang sangat bervariasi. Intinya, padding bertujuan untuk memberikan lapisan perlindungan untuk bagian dalam paha kamu sehingga nggak bergesekan dengan saddle

Panel 

Cycling shorts yang lebih murah biasanya memiliki panel kain yang lebih sedikit, sedangkan shorts yang  lebih mahal dan pas bentuknya dapat memiliki hingga delapan panel. Shorts dengan 6 panel biasanya jadi pilihan paling aman karena harganya terjangkau tapi tetap nyaman dan suportif. 

tips memilih cycling shorts gambar 3

Panjang inseam 

Cycling shorts tentunya tersedia dalam berbagai panjang inseam. Cycling shorts yang lebih pendek sangat cocok untuk kelas spin dan triathlon, tapi banyak lho pengendara sepeda yang suka inseam dengan panjang tepat di atas lutut karena sudah cukup untuk mencegah gesekan antara paha dengan saddle

Bahan

Pemilihan bahan juga harus memperhatikan kebutuhan, terutama iklim dan cuaca di tempat kamu bersepeda. Kamu bisa memilih kain yang tebal atau tipis dengan berbagai tekstur dan terbuat dari wol, CoolMax, Lycra, spandex, dan berbagai bahan sweat-wicking lainnya. Sebaiknya memang didasarkan pada seberapa panas, kering, atau dinginnya cuaca saat kamu bersepeda. 


Nah, itu tadi beberapa tips memilih cycling shorts yang bisa minimates perhatikan sebelum membeli. Bersepeda bisa jadi olahraga kardio yang bagus atau malah jadi cara yang menyenangkan untuk mengeksplor sekitar. Invest alat-alat bersepeda, terutama shorts, yang tepat bisa membantumu tetap nyaman dan aman saat bersepeda. 


Buat kamu yang suka bersepeda secara casual tapi tetap ingin nyaman dan bebas mengayuh, miniletics punya banyak pilihan shorts yang bisa kamu gunakan untuk bersepeda yang bebas chaffing dan ribet. Motion Shorts 10” 2.0 jadi salah satu yang paling minimin rekomendasikan karena panjangnya yang pas di atas lutut mencegah bagian dalam pahamu bergesekan dengan saddle. Selain itu, kontruksi 6 panel dengan bahan yang memiliki campuran Lycra juga memberikan shape retention serta memberikanmu gerak yang bebas saat mengayuh sepeda. Nah, untuk pilihan shorts lain yang nggak kalah nyaman, minimates bisa cek di katalog ini atau bisa juga lewat marketplace kesayangan kamu, ya!


Cover Photo by Alexandre Rizzon

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...