IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

Compound Exercises, The Heart of Doing More in Less Time Exercises

Compound Exercises, The Heart of Doing More in Less Time Exercises

Hai, minimates! 


minimates sudah pernah dengar soal compound exercises, belum? Meskipun nama compound exercises mungkin terdengar asing bagi sebagian orang, kita semua sebenarnya sering banget melakukannya, lho. 


minimates mungkin pernah mencoba functional fitness plan atau program strength training. Nah, latihan-latihan semacam HIIT, deadlift, dan squat merupakan beberapa latihan yang mengimplementasikan compound exercises. Compound exercises sendiri umumnya banyak dipakai di dunia fitness karena beberapa alasan yang bagus buat tubuh kita. Latihan ini memiliki daftar panjang manfaat dan tentunya bisa jadi latihan yang menyenangkan jika minimates bisa menguasai tekniknya dengan tepat. 

Apa sih compound exercises itu? 

Sederhananya, compound exercise adalah gerakan yang melibatkan beberapa kelompok otot dan sendi secara bersamaan. Contohnya adalah deadlift yang menargetkan punggung, paha bagian belakang, gluteus, serta bagian atas dan inti badan dalam satu latihan saja. Secara garis besar, ada dua jenis compound exercises yang kamu harus tahu: 

  • Gerakan tunggal yang menggabungkan beberapa kelompok otot dan sendi sekaligus, seperti lunge, deadlift, dan squat. 
  • Dua gerakan yang dirangkai untuk membuat satu latihan, seperti bicep curl to shoulder press

Dibandingkan dengan isolation workout yang hanya fokus pada satu kelompok otot dan sendi saja, compound exercises dinilai lebih efisien dan lebih berguna untuk menyiapkan kebugaran tubuh kita dalam menghadapi aktivitas fisik sehari-hari. 


Photo by Victor Freitas on Unsplash

Apa saja sih manfaatnya? 

Compound exercises jika dilakukan dengan tepat akan memberikan banyak sekali manfaat lho, minimates. Nah, minimin bakal kasih tahu empat manfaat yang diberikan latihan ini terutama untuk tubuh kita: 

  • Compound exercises merupakan latihan yang efisien

Dengan menggerakkan beberapa otot dan sendi secara bersamaan artinya kita bisa menghemat waktu untuk berolahraga. Cocok banget kalau minimates ingin menjaga tubuh tetap bugar di tengah kesibukan sehari-hari. 

  • Compound exercises dapat meningkatkan massa otot secara keseluruhan 

Memberikan beban lebih pada tubuh dengan compound stress telah terbukti menimbulkan respons hormonal yang lebih tinggi dan hal ini mengarah pada pertumbuhan otot yang lebih banyak. Ketika kita melakukan strength training, otomatis akan ada kerusakan mekanis (kerusakan pada serat otot) dan kerusakan metabolik (ketika kita membuat otot kita kelelahan dengan menghabiskan simpanan energinya). Kerusakan-kerusakan ini menandakan respons hormonal yang muncul selama periode pemulihan setelah kita berolahraga. Tubuh melepaskan hormon pertumbuhan, testosteron, dan insulin-like growth factors yang membantu mengisi kembali simpanan energi dan memperbaiki kerusakan struktural pada serat otot. 


Makanya, post-workout snack penting banget karena mengonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat bisa membantu memperbaiki kerusakan ini dan membangun energi yang tersimpan. Karena lebih banyak kelompok otot yang dilibatkan selama latihan, tubuh kita melepaskan lebih banyak hormon-hormon tersebut sehingga akhirnya kita bisa membentuk lebih banyak otot secara keseluruhan daripada ketika fokus hanya pada satu otot saja.

  • Compound exercises sangat bagus untuk membakar kalori

Membentuk lean muscle atau otot tanpa lemak juga membantu meningkatkan jumlah kalori yang kita bakar saat istirahat, atau biasa disebut metabolisme basal (BMR), karena otot membutuhkan lebih banyak energi untuk dipertahankan oleh tubuh kita. Jadinya, karena compound exercise membantu kita membangun massa otot ekstra itu, hal ini bisa memberi metabolisme basal kita dorongan yang lebih besar. 

  • Membantu meningkatkan mobilitas

Compound exercises juga pastinya melatih core-stabilizing muscles atau otot-otot inti, antara lain pelvis, punggung bawah, pangkal paha, dan perut untuk bekerja dengan baik. Otot-otot inti yang kuat akan memudahkan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari yang melibatkan fisik. Hal ini karena compound exercises dianggap sebagai gerakan fungsional. 


Nah, itu dia pengertian tentang compound exercises dan manfaat yang bisa diberikannya buat tubuh kita. Meskipun nggak ada cara untuk memperoleh hasil workout sesuai yang kita inginkan dengan cepat, ada beberapa cara yang lebih cerdas yang pastinya bisa minimates lakukan untuk berolahraga secara lebih efektif dan compound exercises adalah salah satunya. 


Selamat berproses, minimates!


Featured image by Sven Mieke on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...