IDR

    Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

    Inilah Olahraga yang Tetap Aman Dilakukan Saat Datang Bulan

    Inilah Olahraga yang Tetap Aman Dilakukan Saat Datang Bulan

    Apakah Minimates terbiasa untuk skip olahraga saat menstruasi karena sakitnya kram perut? Tenang, Minimates! Sebenarnya kamu tetap bisa berolahraga selama sedang datang bulan, dan justru olahraga juga dianjurkan untuk dilakukan, asalkan kamu memilih olahraga yang aman.

    Saat menstruasi, olahraga sangat penting dan bermanfaat bagi tubuh manusia karena dapat menyeimbangkan hormon tubuh. Namun, ada juga beberapa hal yang harus dihindari saat melakukan olahraga saat menstruasi.

    Photo by: Polina Zimmerman (Pexels)

    Ada beberapa hal yang harus dihindari kalau kalian berolahraga saat menstruasi, seperti:

    1. Hindari olahraga yang terlalu berat
    2. Jangan berolahraga terlalu lama
    3. Tidak disarankan untuk melakukan pose inversi yoga atau pilates yang membuat kepala kalian berada di bawah dan kaki diatas.
    4. Jangan memaksa untuk berolahraga kalau tubuh kalian tidak kuat

    Terakhir, selalu mandi yang bersih, ganti pakaian dalam, gunakan pembalut yang nyaman, dan gantilah pakaian olahraga ketika sudah terlalu basah dan terasa tidak nyaman.

    Ada banyak macam olahraga yang cocok dilakukan saat menstruasi. Kali ini, Miniletics akan membahas 3 olahraga sederhana yang paling kami rekomendasikan.

    1. Aerobik ringan yang seru

    Photo by: Andrea Piacquadio (Pexels)

    Aerobik adalah aktivitas yang menyenangkan dan bisa meredakan stress sekaligus membakar kalori. So, lakukan olahraga ini untuk mengangkat mood yang seringkali terasa down saat datang bulan. Dilansir dari Flo Health, saat menstruasi, wanita dianjurkan untuk melakukan gerakan-gerakan dalam waktu yang lebih singkat dan dengan gerakan yang lebih sederhana. Aerobik yang dilakukan harus yang ringan, bukan yang terlalu lama dan heboh. Semangat boleh, tapi jangan terlalu heboh ya!

    2. Jalan kaki

    Photo by: Andrea Piacquadio (Pexels)

    Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang paling sederhana. Aktivitas ini tidak memerlukan peralatan atau pakaian khusus. Tapi, menurut Pharmeasy.com, berjalan kaki bisa membantu paru-paru bekerja dengan lebih baik. Selain itu, aktivitas ini bisa membakar kalori dan membangkitkan suasana hati. Saat melakukan aktivitas ini, Minimates boleh mengatur berapa lama dan seberapa cepat kalian berjalan. Santai tapi bermanfaat, kan?

    3. Yoga atau Pilates

    Photo by: Cliff Booth (Pexels)

    Pilihan olahraga lainnya adalah yoga atau pilates. Yoga dan pilates dapat merilekskan suasana hati yang rewel dan gampang tersinggung hanya dengan latihan peregangan dan pernapasan. Banyak pose yoga dan pilates yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Dilansir dari Healthline.com, kedua olahraga ini terbukti secara ilmiah bisa membantu membuat tubuh lebih rileks dan meredakan gejala haid seperti kram perut, pegal-pegal, dan kembung.

    Selamat mencoba Minimates^^. Stay fit and healthy during your period!

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published

    Loading...