IDR

    Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

    Jangan Keliru Lagi, minimates! Ini Bedanya Yoga Pants dan Leggings

    Jangan Keliru Lagi, minimates! Ini Bedanya Yoga Pants dan Leggings

    Gaya hidup sehat rasanya sudah menjadi kewajiban di masa sekarang. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dengan mudah dilakukan baik di tempat gym ataupun di rumah, salah satunya adalah yoga. Yoga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, baik dari segi kesehatan hingga penampilan.

    Bicara soal penampilan, pastinya kita juga ingin selalu terlihat chic sekaligus merasa nyaman ketika berolahraga. Untuk aktivitas yoga sendiri, memang paling nyaman adalah menggunakan pakaian yang membuat kita bebas bergerak, terutama untuk celana. Saat ini semakin banyak pilihan celana yang bisa digunakan untuk yoga, mulai dari leggings hingga yang spesifik memang untuk aktivitas tersebut, yoga pants.

    Sebentar, memang apa bedanya leggings dan yoga pants? Bukannya sama-sama bisa dipakai untuk yoga?

    yoga pants or leggings

    Photo by Irina L (Pixabay)

    Mungkin minimates secara ga sadar sering menanyakan hal ini. Tapi karena merasa keduanya nyaman digunakan, akhirnya menganggap bahwa leggings dan yoga pants itu sama saja. Padahal, keduanya memiliki perbedaan mendasar lho dalam beberapa aspek. Nih, miniletics kasih tahu apa aja sih perbedaan dari kedua jenis celana ini.

    Perbedaan berdasarkan fungsi

    Perbedaan paling mendasarkan jelas dari sisi fungsinya. Yoga pants dibuat memang untuk kegiatan yoga, terlihat dari penamaan produknya. Sedangkan leggings dari awal tidak dibuat dengan fokus untuk berolahraga. Bahkan sejarahnya, leggings dibuat untuk menangkal cuaca dingin bagi penggunanya. Namun sekarang leggings sudah lebih memiliki fungsi sebagai fashion item yang bisa dipadupadankan dengan berbagai outfit.

    Perbedaan berdasarkan bahan dan kenyamanan saat digunakan

    Karena fungsinya yang berbeda, bahan yang digunakan untuk membuat kedua jenis celana ini pun juga berbeda. Karena dibuat khusus untuk yoga, yoga pants dibuat dengan bahan yang fleksibel, biasanya bahan spandex. Bahan ini akan memberikan ruang penggunanya untuk bergerak secara bebas tanpa ada penghambat.

    recommended yoga pants

    Photo by Gerd Altmann (Pixabay)

    Hal ini berbeda dengan legging. Meskipun leggings juga memberikan ruang untuk bergerak secara bebas, tapi bahan yang digunakan biasanya lebih beragam, mulai dari polyester, cotton, hingga fleece dan denim. Karena bahan pembuatnya yang beragam, tidak semua leggings nyaman untuk digunakan untuk melakukan yoga.

    Yoga pants juga dibuat dengan bahan yang menyerap kelembaban sehingga kaki kita tetap kering saat melakukan berbagai gerakan dan mengurangi risiko terjadinya lecet. Sedangkan bahan leggings yang fungsinya lebih ke fashion item ada kemungkinan tidak mempunyai kemampuan untuk menyerap keringat.

    Perbedaan berdasarkan desain

    Jika melihat hanya dari warna, saat ini yoga pants juga semakin banyak yang memiliki warna menarik. Tapi dari segi ketebalan kain, yoga pants menggunakan bahan yang lebih tebal sehingga ketika ada tarikan saat melakukan gerakan yoga, celana tidak sampai tembus pandang. Hal ini berbeda dengan leggings yang memang tidak dibuat khusus untuk menahan tarikan tersebut sehingga bisa jadi tembus pandang.

    Satu hal lagi yang memudahkan kalian untuk membedakan antara leggings dan yoga pants bisa dilihat dari bagian pinggangnya. Leggings biasanya hanya dilengkapi dengan satu lipatan ikat pinggang atau waistbands yang kurang bisa stay di pinggang ketika dipakai untuk aktivitas fisik yang agak berat. Sedangkan yoga pants didesain dengan waistbands yang lebih lebar sehingga bisa memberikan support penuh dalam melakukan berbagai gerakan.

    Nah sekarang minimates sudah tahu kan, apa perbedaan dari leggings dan yoga pants. Meskipun ada perbedaan mendasar, yang paling penting adalah apakah minimates nyaman menggunakannya. Saat ini semakin banyak brand yang mengeluarkan yoga pants yang berfungsi sebagai leggings. Jadi, minimates bisa semakin tampil menarik baik saat melakukan aktivitas yoga maupun hangout bersama teman.

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published

    Loading...