IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Kamu Perlu Tahu Fakta-fakta Mengejutkan Soal Diabetes Berikut Ini!

Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Kamu Perlu Tahu Fakta-fakta Mengejutkan Soal Diabetes Berikut Ini!

Diabetes menjadi salah satu penyakit dengan penderita terbanyak di dunia. Jadi, besar kemungkinannya orang-orang terdekat kita, atau bahkan kita sendiri, merupakan salah satu di antaranya. Untuk memperingati Hari Diabetes Sedunia pada tanggal 14 November, ada beberapa fakta diabetes yang perlu kamu ketahui dan seringkali dipahami secara salah oleh masyarakat kita terlepas dari prevalensi diabetes di masyarakat kita,. 

Fakta Diabetes #1: Diabetes nggak hanya disebabkan oleh konsumsi gula yang terlalu banyak. 

Minuman bersoda, makanan yang kaya akan kandungan gula, serta makanan olahan memang meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penyakit lainnya. Faktanya, mengonsumsi terlalu banyak gula bukanlah faktor utama penyebab diabetes. Hubungan antara makanan dengan kandungan gula yang tinggi dan diabetes nggak sesimpel yang kita kira lho, minimates. 


Diabetes tipe 2, jenis diabetes yang paling umum, dapat terjadi ketika tubuh kamu nggak responsif terhadap jumlah insulin yang dihasilkannya. Seiring waktu, tubuh kamu nggak mampu membuat cukup insulin untuk mempertahankan kadar glukosa darah normal. Faktor risiko utama untuk jenis diabetes ini adalah obesitas atau kelebihan berat badan, atau memiliki riwayat keluarga dengan diabetes. Namun, makan gula dalam jumlah besar secara nggak langsung meningkatkan risiko diabetes dengan menyebabkan kenaikan berat badan dan peningkatan lemak tubuh. 


Diabetes tipe 2 ini bisa dikelola dengan metode-metode, seperti diet, olahraga, obat oral, serta suntik insulin. 


Sedangkan, diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun yang biasanya berkembang pada anak-anak atau remaja. Pankreas nggak dapat membuat insulin, dan kekurangan insulin ini berarti glukosa tetap berada di dalam darah dan nggak dapat masuk ke sel-sel tubuh yang membutuhkan energi. Riwayat keluarga dengan diabetes dapat berperan dalam perkembangan diabetes tipe 1. Meski penderita diabetes tipe 1 tetap harus berhati-hati dengan jumlah gula yang mereka konsumsi, gula nggak menyebabkan diabetes tipe 1.

Fakta Diabetes #2: Penderita diabetes nggak bisa mengonsumsi makanan manis.

Fakta diabetes nomor dua adalah penderita diabetes bisa mengonsumsi makanan manis, asalkan secara mindful dan dengan perencanaan makan agar gula darah nggak naik. 


Kukis dan makanan manis lainnya mengandung karbohidrat yang bisa membuat gula darah kita naik. Menghitung karbohidrat setiap kali makan jadi bagian penting dalam menjaga gula darah tetap normal. Hal ini juga bisa membantu menetapkan jumlah insulin yang dibutuhkan. 


Sejumlah kecil makanan yang tinggi gula juga bisa diganti dengan karbohidrat lain yang lebih sedikit kandungan gulanya, seperti mengganti nasi putih ke nasi merah dan mengurangi konsumsi roti dan pasta. Selain itu, mengganti gula alami ke pemanis serta memilih makanan yang sugar free nggak lantas membuat makananmu jadi bebas karbohidrat ya, minimates. 


Poin penting lainnya adalah alkohol bisa menaikkan ataupun menurunkan gula darah, jadi sebaiknya dikonsumsi dengan penuh pertimbangan. 

Fakta Diabetes #3: Ibu hamil yang menderita diabetes gestasional nggak otomatis menurunkan diabetes ke janinnya.

Fakta diabetes lainnya adalah sekitar 9% wanita hamil akan menjadi resisten insulin selama kehamilan dan mengalami diabetes gestasional. Jika kamu belum pernah menderita diabetes sebelumnya, ada kemungkinan kamu masih bisa mengalami diabetes gestasional selama kehamilan. Meskipun pankreas kamu bekerja lembur untuk memproduksi insulin, itu mungkin nggak cukup.


Ini bukan salah kamu atau bayi kamu, kok. Ini juga nggak berarti bayi kamu akan menderita diabetes. Namun, penting untuk bekerja sama dengan dokter untuk mengelola diabetes kamu. Gula darah tinggi dapat menyebabkan pankreas bayi menghasilkan insulin ekstra. Hal ini dapat membuat bayi berisiko mengalami berat lahir tinggi, glukosa darah rendah, dan masalah pernapasan, serta obesitas dan diabetes tipe 2 di kemudian hari. Bagi kebanyakan orang, diabetes tipe ini hilang saat kehamilan berakhir.

Fakta Diabetes #4: Diabetes dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam emosi. 

Fakta diabetes yang nggak kalah penting untuk dipahami adalah sangat umum bagi penderita diabetes untuk merasa marah, depresi, atau cemas. Lagi pula, mengecek kadar glukosa darah beberapa kali sehari, memantau apa yang dimakan, dan suntik insulin serta minum obat setiap hari bisa membuat stres. Sangat mudah untuk merasa berbeda dan menyangkal adanya diabetes, dan mudah untuk merasa nggak terkendali, terutama jika kadar glukosa darah nggak seperti yang kita inginkan. Mencoba jujur dan bercerita ke orang-orang terdekat akan sangat membantu meregulasi emosi yang muncul dari proses panjang ini. 

Fakta Diabetes #5: Butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan diabetes

Saat kamu atau orang tersayang didiagnosis diabetes, sadarilah bahwa penyesuaian selalu membutuhkan waktu. Terlebih lagi, orang dengan diabetes akan sering melalui banyak proses seperti tusukan pada jari, tes darah, suntik, dan check up untuk mencapai kadar gula darah yang normal. Semua proses ini tentu perlu dilalui dengan kesabaran. Kita juga perlu memperhatikan banyak faktor juga, seperti asupan makanan, rutinitas olahraga, waktu minum obat dan insulin, stres, serta penyakit lain. 


Nah, itu dia 5 fakta diabetes yang kamu perlu tahu agar kamu bisa mengetahui bagaimana cara menangani dan mengontrol gula darah kamu. 


Cover Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...