IDR

    Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

    #SerenitySunday: Mindful Eating to Reduce Anxiety

    #SerenitySunday: Mindful Eating to Reduce Anxiety

    Punya rasa cemas itu wajar, namun jika sampai mengganggu hari-harimu tandanya harus segera diatasi ya minimates. Hari minggu identik dengan hari santai, hari untuk tidur siang dan rebahan seharian. Namun tidak bagi sebagian orang, ada beberapa dari minimates tentu yang masih harus kerja keras dikejar deadline. Tenang aja, sekarang waktu yang tepat buat berhenti sejenak. Yuk mulai #SerenitySunday dengan praktik #Mindfulness

    Latihan mindfulness ga harus mahal kok minimates, sederhana aja misalnya #MindfulEating yang bisa dimulai dari sarapan pagi. Berikut langkah-langkah praktis latihan mindfulness yang bisa bantu minimates atasi anxiety:

    1. Awali sarapan kamu dengan nafsu makan; tetapi tidak saat lapar sekali, ya.

    by Astarot from Getty Image Pro

    Bagi sebagian minimates yang workaholic sampai lupa hari tentu sering skip sarapan. Eits, ternyata ini lho akar masalah dari stress yang minimates bawa bahkan di hari minggu. Iya, melewatkan sarapan di hari kerja memang sudah biasa; tapi jika akhir-akhir ini minimates makin sering terganggu dengan menurunnya produktivitas, berhenti sejenak dan merefleksikan diri patut dicoba ya!

    Awali dengan sarapan di waktu yang pas misalnya jam 8 atau 9 pagi ketika minimates ga harus menahan lapar. Meski hanya dilakukan di hari minggu, hal sederhana ini terbukti banyak membantu mengurangi rasa cemas.

    2. Mulailah dengan porsi kecil; ambil suapan kecil serta kunyah dengan penuh rasa syukur.

    by Astarot from Getty Image Pro

    Rasa cemas merupakan akumulasi dari emosi-emosi yang sering diabaikan karena terlalu banyak yang harus difokuskan. Berhenti sejenak di hari minggu dan benar-benar mendengarkan kebutuhan badan harus jadi prioritas utama minimates yang lagi struggling dengan anxiety disorder. Memulai hari minggu dengan sarapan merupakan cara praktis yang bisa dicoba; porsi kecil namun jika dikombinasikan dengan suapan kecil dan kunyahan penuh rasa syukur akan mengubah perasaan dan ketenangan batin lho.

    3. Bawa semua indra kamu saat makan dengan perlahan; bagaimana rasa, tekstur, warna nya?

    by Viktor Solomin

    Ada kekuatan tersembunyi di balik ketenangan batin seseorang, yang artinya makin tenang kondisi batin kita semakin besar pula kekuatan dari dalam khususnya dalam mengatasi masalah. Tentu minimates mau jadi versi terbaik dari hari sebelumnya bukan? Nah, ketenangan batin bisa banget kok dilatih dengan mindful eating yang mengajarkan makan dengan perlahan sambil mengaktifkan indera-indera seperti mata, lidah, hidung dan bahkan telinga. Upaya ini bakal jadi seru seiring minimates praktek sedikit demi sedikit dan hari demi hari.

    Ingat selalu, small progress matters! Gampang kan minimates? Simpan selalu pikiran bahwa badan yang sehat ga hanya datang dari gizi makananmu. Namun juga dari suasana batin saat makan. Semoga inimates sehat dan bahagia selalu. Have a nice and joyful day!


    Selamat praktik #MindfulEating

     

    Cover by Arto_Canon from Getty Image Pro

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published

    Loading...