IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

3 Tips Agar Matras Yoga Tidak Licin

3 Tips Agar Matras Yoga Tidak Licin

Pasti menyebalkan punya matras yoga yang klaimnya sticky, tapi malah licin dan bikin yoga atau olahraga kamu nggak fokus. Akan susah kalau kita mencoba menyelesaikan masalah matras licin tanpa tahu penyebabnya. Ditambah, semua solusi yang sudah kamu coba akan bersifat sementara karena kamu belum memperbaiki akar masalahnya. Jadi, apa sebenarnya yang membuat matras kita licin? Terus, gimana pula cara mengatasinya?


APA SIH YANG BIKIN YOGA MAT LICIN?

  • Yoga mat baru terutama yang berbahan polyvinyl chloride (PVC) memang cenderung licin, bahkan yang dibuat dengan PVC premium sekalipun. Tenang, seiring waktu jika sering dipakai, mereka akan lebih menempel ke lantai, kok, tapi memang kamu harus menahan repot dulu di awal-awal pemakaian.
    • Beberapa bahan matras memang lebih licin dari yang lain. Bahan-bahan matras seperti karet/rubber, thermoplastic elastomer (TPE), dan polyurethane cenderung lebih nggak licin daripada PVC. Faktanya, cengkeraman yang baik bahkan di awal-awal kamu menggunakannya memang jadi nilai tambah untuk matras dengan bahan-bahan tersebut. 
    • Penyebab yang lain bisa saja karena kamu memakai minyak atau lotion untuk kulit sehingga membuat kamu tergelincir di atas matras. Hal ini bisa terjadi kalau kamu biasa melakukan yoga setelah memakai produk pelembab kulit. 
    • Kamu berkeringat cukup banyak sehingga membuat matrasnya licin. Beberapa orang memang secara alami berkeringat lebih banyak daripada yang lain dan matras yang basah bisa dengan mudah jadi matras yang licin. 
    • Ada pose-pose tertentu yang memang susah dan bisa membuat kamu terpeleset ketika melakukannya. 
    tips matras yoga tidak licin

    SOLUSI YOGA MAT LICIN

    Nah, setelah bisa mengidentifikasi penyebab matras kamu jadi licin, kamu bisa melakukan beberapa solusi efektif di bawah ini yang sesuai dengan masalah yang kamu hadapi, 


    Latihan, latihan, dan latihan

    Jika kamu punya matras berbahan PVC, jangan sedih. Perbedaan utama antara matras baru kamu dan matras usang yang disediakan studio yoga adalah matras kamu perlu sedikit ‘diusangkan’. Solusinya? Pakai terus untuk latihan. Selain kamu jadi bisa terus bergerak, matras kamu juga jadi punya permukaan yang bebas slip


    Cuci matras

    Kamu bisa mempercepat ‘proses penuaan’ matras kamu dengan mencucinya dengan air. Matras PVC tipis, yang bisa kamu lipat dengan mudah, bisa kamu cuci dengan mesin cuci. Kamu nggak perlu sabun ketika mencucinya dan pastikan benar-benar kering. Proses mengeringkan bisa berlangsung selama berhari-hari karena matras yoga bersifat menyerap. Agar nggak salah merawatnya, kamu bisa mengikuti saran saran perawatan dan tips pembersihan dari produsen tempat kamu membeli matras yoga.  


    Mencuci tangan dan kaki kamu sebelum sesi latihan juga bisa membantu menghilangkan minyak atau lotion yang berpotensi membuat matras yoga kamu lebih licin. 


    Hal yang harus kamu perhatikan adalah jangan menggunakan cuka apel, yang punya kandungan asam kuat, untuk mencuci matras kamu, ya. Selain itu, hindari mengekposnya ke sinar matahari dan garam secara berlebihan. Dua hal ini bisa memecah partikel karet, TPE, dan polyurethane. 


    Handuk bisa jadi barang penyelamat

    Kalau kamu punya telapak tangan atau kaki yang mudah berkeringat yang membuat kamu sering terpeleset, coba siapkan handuk tiap kali yoga dan latihan. Kamu bisa menggunakannya untuk mengeringkan tanganmu atau untuk menempatkan telapak tanganmu ketika melakukan pose-pose seperti Downward Facing Dog


    Jika ini semua ternyata tetap nggak membantu, coba mulai pertimbangkan untuk beralih ke matras yoga anti-slip seperti miniletics Anti Slip Rubber Mat yang diformulasikan dengan mencampurkan empat bahan: karet alami, karet sintetis, polyurethane, dan nylon, yang nggak hanya anti-slip, tapi juga melindungi badan kamu dari hantaman. Kamu bisa langsung check out di sini atau di seluruh marketplace kesayangan kamu! 



    Cover Photo by Junseong Lee on Unsplash

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published

    Loading...