IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Elaine Hanafi: “Fun Workout is When You Challenge Your Limit”

Elaine Hanafi: “Fun Workout is When You Challenge Your Limit”

Sebagai sosok dibalik akun YouTube Eh Olahraga Yuk yang rutin membagikan tips-tips tentang olahraga dan info kesehatan, Elaine Hanafi, atau biasa disapa Elaine, mengaku tetap bisa produktif meski pandemi menghambat mobilitasnya. Setelah beberapa saat nggak ngobrol dengannya, akhirnya minimin bisa ngobrol lagi soal banyak hal, salah satunya soal cara jitunya untuk tetap produktif meski halangan menghadang sekalipun. 

PANDEMI BIKIN PROGRES WORKOUT BERKURANG

Pandemi memang bukanlah halangan bagi seorang Elaine Hanafi untuk tetap melakukan workout. Hal ini lantaran dia sudah terbiasa melakukan workout di rumah, bahkan jauh sebelum pandemi. Meski begitu, kadang rasa stres yang ditimbulkan karena terbatasnya ruang gerak di luar rumah jadi sedikit banyak mengurangi workout progress-nya, “Pandemi kan bikin ada perubahan gaya hidup, jadi semuanya berubah: nggak bisa keluar rumah, nggak bisa beraktivitas di luar rumah, dan lainnya. Ini yang menimbulkan stres sehingga berpengaruh sekali ke gaya hidup sehat dan kebiasaan workout yang aku jalani,” ungkapnya ke minimin. 


Elaine yang terbiasa melakukan olahraga di rumah saja masih terpengaruh oleh perubahan gaya hidup yang mau nggak mau harus kita hadapi di saat ini. Dia lalu membagikan cerita salah seorang follower-nya yang mengaku lebih suka melakukan group workout bersama teman-temannya di luar rumah agar lebih semangat menjalaninya. Perubahan saat pandemi tentu saja jadi hambatan yang besar untuk tetap berprogres. Salah satu cara untuk tetap berolahraga tentu saja dengan mencari konten olahraga online yang bisa menunjangnya untuk tetap maju, “Dia awalnya bingung mau olahraga di mana, tapi semenjak pandemi malah dipertemukan dengan kontenku di @eh.olahraga.yuk, jadi dia bisa tetap berolahraga di rumah,” pungkasnya sambil tersenyum lebar. 

JANGAN BEREKSPEKTASI YANG KURANG REALISTIS

Ada satu hal yang nggak berubah meski gaya hidup saat harus pandemi berubah: hambatan. Hambatan akan selalu ada kapan pun dan bagaimana pun bentuknya. Menanggapi pertanyaan soal hal yang seringkali menghambat progres olahraga kita, Elaine menekankan bahwa kebanyakan datang dari goals yang terlalu muluk dan ekspektasi yang terkadang kurang realistis, “Hal-hal seperti itu yang biasanya malah membuat orang cepat menyerah dengan progres mereka.” 


Elaine juga memberikan tips supaya kita bisa lebih konsisten dengan tujuan kita, “Kita memang sebaiknya lebih fokus di prosesnya, seperti apa yang aku lakukan hari ini, apa yang akan aku lakukan besok dan minggu depan, bagaimana pola diet yang aku terapkan, dan apa yang bisa bikin aku lebih maju, daripada fokus ke hasil.” 

WORKOUT YANG FUN BIKIN KONSISTEN

Ternyata, salah satu hal yang membuat Elaine selalu konsisten dengan workout progress-nya adalah sebisa mungkin dia membuat prosesnya terasa menyenangkan, “Karena workout itu akan kita lakukan hampir setiap hari, kita akan susah buat konsisten kalau nggak ‘fun’.” 


Untuk tipsnya, Elaine meluruskan kalau definisi fun sendiri bisa jadi berbeda untuk tiap orang, “fun untuk tiap orang kan berbeda, ya? Jadi ya nggak harus pakai lagu-lagu zumba, disko, atau K-pop untuk melakukan fun workout. Itu semua tergantung cara-cara yang menurut kita fun saja.” Kalau menurut Elaine sendiri, fun workout adalah dengan memberikan challenge buat diri sendiri sehingga bisa maju tiap harinya, “Tapi challenge-nya nggak perlu yang muluk-muluk, ya. Misalnya, kemampuanku di angka 3, ya aku akan menantang diriku untuk mencapai angka 4. Kalau langsung ke angka 10 nanti malah kapok, bosan, lalu akhirnya menyerah.”


Elaine menambahkan kalau tantangan bisa dilakukan dengan menambahkan intensitas atau bahkan variasi dari olahraga yang sehari-harinya kita lakukan. Untuk intensitas, semisal kemampuan kita sebatas melakukan plank selama 30 detik. Lalu kita menantang diri sendiri untuk terbiasa melakukan plank selama 60 detik. Kita juga bisa menantang diri sendiri dengan menambah variasi workout kita, “Misalnya, kita selama ini benci latihan i. Ya kita harus menantang diri kita buat latihan i. Nggak mungkin dong inya nggak dilatih? Jadi ya harus push our limits. Nah, fun menurut aku ya yang seperti ini.” 

elaine hanafi miniletics

LET’S HAVE FUN WORKOUT!

Akan kurang rasanya kalau Elaine nggak ikut mengisi workout class di event Beyond the Limit. Elaine mengutarakan respon positifnya soal kelas dan webinar yang diadakan di event ini. Ini artinya edukasi soal fitness masih mungkin untuk dilakukan secara dua arah, “Edukasinya juga bisa lebih sampai kalau live seperti ini karena kalau kelas online kan two-way learning dan akan berasa sedang kelas bersama, nih. Sedangkan, kalau nonton video kan cuma one-way learning.”


Nah, lewat kelasnya “Let’s Have Fun Workout!” nanti, Elaine berharap minimates bisa have fun bersama lewat workout. Harapannya, minimates juga bisa punya pengalaman fun workout sambil tetap berprogres. 


minimates sudah siap have fun lewat workout belum? Jangan lupa registrasi, ya! 

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...