IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Dieting 101: 4 Langkah Praktis Untuk Memulai Diet Anti Gagal

Dieting 101: 4 Langkah Praktis Untuk Memulai Diet Anti Gagal

Hai, minimates! 


Di artikel sebelumnya kita sempat ngobrol soal mindset diet yang baik untuk gaya hidup yang sehat dan seimbang. Nah, kali ini kita akan mulai lebih praktikal. Untuk itu, minimin bakal bisikin 4 langkah praktis untuk memulai diet dengan benar dan efektif serta yang paling penting nggak bakal bikin kamu stres. 

Target waktu yang rasional

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memasang target waktu yang rasional, minimal tiga bulan. Menjalani program diet dalam kurun waktu yang kurang dari itu merupakan hal yang nggak logis. Hal ini karena target waktu yang terlalu pendek akan bikin kamu cepat menyerah dan tidak memberi tubuh kamu cukup waktu untuk mencapai hasil yang optimal. Badan juga jadi cepat capek karena dipaksa untuk menjalani perubahan dalam waktu yang singkat. Jadi, nggak dianjurkan untuk menarget waktu kurang dari tiga bulan, ya, minimates. 

Ganti pola makan secara bertahap

Selanjutnya, kamu bisa mulai mengganti pola makan dengan pola diet yang lebih bersih dan teratur. Kamu jelas nggak bisa mengganti pola makan yang awalnya berantakan secara instan. Untuk itu, sangat disarankan untuk menggantinya secara bertahap. Inilah alasan mengapa kita butuh target waktu yang lebih panjang untuk memberi tubuh kita waktu sehingga terbiasa dengan lifestyle yang baru. 


Di tahap ini, kamu juga nggak perlu langsung mencoba metode diet atau meal prep yang bisa dipastikan akan memberatkan kamu yang baru memulai diet. Kamu bisa mencoba mengganti menu sarapanmu dengan makanan yang lebih bergizi, tinggi serat, berkalori bersih, dan tentunya real food. Mengganti sarapan bisa jadi langkah awal  yang sangat tepat karena sarapan yang bergizi akan membantu mengontrol nafsu makan di siang hari, menstabilkan gula darah seharian, dan dapat menurunkan berat badan dengan lebih stabil. 

4 Langkah Praktis Mulai Diet Anti Gagal

Photo by Mikhail Nilov from Pexels


Setelah setidaknya dua minggu, kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya, seperti mengganti camilan dengan sesuatu yang lebih sehat atau mengganti makan malam dengan sesuatu yang lebih bergizi. Dengan metode bertahap semacam ini, kamu masih bisa makan siang dengan menu kesukaanmu, mie ayam misalnya. Setelah 3-5 bulan menjalaninya, kamu nggak akan menderita meskipun sudah mengganti pola makan secara keseluruhan dalam sehari. 

Jangan lupa olahraga

Kalau minimates ingin menjalani diet yang nggak terlalu ketat, olahraga bisa jadi kompensasi kamu ketika sedang menjalani program diet. Diet tanpa olahraga mungkin saja bisa kamu lakukan, tapi proses diet akan sangat ketat dan tentunya melelahkan. 


Terus, olahraga seperti apa yang sebaiknya dilakukan agar diet tetap fleksibel? minimates bisa mencoba HIIT cardio yang mengandalkan beban tubuh kita sendiri, angkat beban, atau apapun yang banyak menggunakan otot. Olahraga yang banyak mengandalkan otot akan membuat otot kita semakin stabil dan berat badan jadi nggak naik turun. 

Mulai rajin belajar soal ilmu tubuh

As the cherry on top, kamu bisa mulai sedikit-sedikit membaca dan belajar soal ilmu tubuh dan gizi. minimates bisa meluangkan waktu setidaknya 10 menit dalam sehari untuk membaca seputar cara kerja nutrisi untuk tubuh kita. Hal ini bisa sangat bermanfaat agar kita tahu bagaimana cara kerja tubuh kita dan jadinya nggak salah langkah saat diet. 


Nah, itu dia empat langkah praktis yang bisa kamu terapkan untuk menjalani diet yang sehat dan menyenangkan serta optimal. Ingat ya minimates, diet merupakan manifestasi rasa cinta kita pada tubuh. Jangan sampai diet malah bikin kamu tersiksa, ya. 


Wish you guys the greatest luck!


Featured image by Andres Ayrton from Pexels

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...