IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

Dieting 101: Dieting Bukan Jalan yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan?

Dieting 101: Dieting Bukan Jalan yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan?

Kalau ngomongin soal cara menurunkan berat, hal pertama yang terlintas di kepala pastinya adalah kata ‘diet’. Ada begitu banyak diet yang bermunculan dan semuanya mengklaim bisa menurunkan berat badan dengan lebih efisien. Namun, apa benar diet dengan defisit kalori saja cukup untuk menurunkan berat badan kita? 


Jawaban singkatnya sih, iya, tapi tentunya bukan jalan satu-satunya ya, minimates. Dan tentunya, melakukan diet saja bukanlah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. 

Diet bisa jadi jalan yang bagus untuk menurunkan berat badan, tapi … 

Kalau pada dasarnya makanan yang kamu konsumsi merupakan makanan yang rendah nutrisi dan mengandung banyak lemak, maka prinsip dasar dari kebanyakan diet bisa kamu terapkan untuk membantu membatasi makanan nggak sehat yang kamu konsumsi sekaligus meningkatkan konsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi seimbang, seperti sayuran hijau, lemak sehat, daging tanpa lemak, dan lain-lain. Hal ini tentunya akan membantumu mengurangi asupan kalori dengan mengonsumsi makanan rendah kalori tapi tetap mengenyangkan. 


Meskipun sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi berat badan kita, seperti stres, kebiasaan tidur, dan genetik, faktor yang paling sering jadi fokus utama kebanyakan orang adalah makanan yang kita makan. Kita bakal cenderung mencari cara tercepat untuk menurunkan berat badan jika fokus kita hanyalah untuk menurunkan berat badan. Padahal sebenarnya, mindset terbaik adalah dengan menganggap perubahan berat badan sebagai bonus dari gaya hidup yang sehat dan seimbang. Dengan fokus pada mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan seimbang, kita bisa menurunkan berat badan secara lebih sehat juga. 

Diet 101 Diet Baik
Photo by Mikhail Nilov from Pexels
Ada hal lain lagi yang tak kalah penting ketika menurunkan berat badan

Kamu bisa saja memilih satu dari sekian banyak program diet untuk menurunkan berat badan, seperti diet FODMAP, keto, intermittent fasting, dan sebagainya. Namun, jika kamu hanya terfokus pada upaya menurunkan berat badan, kemungkinan akan hanya akan membawa perubahan sementara dalam gaya hidupmu. Ditambah, jika program diet yang kamu coba ternyata nggak menyenangkan ataupun sustainable, kamu akan cenderung punya berat badan yang naik turun dan itu pastinya akan melelahkan dan membuatmu kewalahan. Diet sehat memang penting, tapi bukan satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. 

Lalu harus gimana? Yuk, seimbangkan dengan gaya hidup sehat!

Diet sehat, yang dikombinasikan dengan olahraga teratur, pola tidur yang sehat, dan manajemen stres yang baik, merupakan jalan terbaik untuk mengelola berat badan kamu. Karena berat badan kita dipengaruhi oleh banyak faktor, mengatur makanan kita saja nggak akan baik untuk keseimbangan tubuhmu. Untuk mengilustrasikannya, kamu bisa saja menjalani program diet paling mutakhir dan bisa membatasi semua kebiasaan makan buruk kamu, tapi kalau hal itu malah bikin kamu stres dan berdampak pada pola tidur yang buruk dan nggak disertai olahraga, bisa dipastikan upayamu menurunkan berat badan nggak akan membuahkan hasil yang optimal. 


Kesimpulannya, menjalani program diet merupakan cara yang sangat baik untuk menjaga berat badan kita karena memang apapun yang kita konsumsi berpengaruh besar pada berat badan kita. Namun, untuk menjaga berat badan secara lebih efektif harus dibarengi dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang bisa mendukung gaya hidup sehat dan seimbang, seperti manajemen stres, olahraga, pola tidur, dan sebagainya. 


Featured image by Diana Polekhina on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...