IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

Let’s Get Back in Shape! 4 Tips Kembali Berolahraga Setelah Liburan Natal

Let’s Get Back in Shape! 4 Tips Kembali Berolahraga Setelah Liburan Natal

Musim liburan Natal bisa menyita pikiran kita, mulai dari karena terlalu sibuk melakukan persiapan Natal sampai sibuk menghadiri pesta-pesta Natal yang diadakan oleh keluarga dan teman. Selain itu, Natal jadi perayaan yang bikin kamu banyak makan dan bahkan kamu juga seringkali jadi melupakan sejenak rutinitasmu berolahraga. Makanya, ketika memasuki tahun baru, nggak jarang kita jadi mulai dari awal lagi karena kebugaran dan kekuatan kita jadi mengalami kemunduran. 

 

Ada empat hal yang bisa banget kamu perhatikan untuk mendapatkan kembali bentuk badan dan kebugaran seperti sebelum liburan: 

Diet terlalu ketat is a big no!

Sebaiknya kamu nggak mengurangi porsi makanmu secara drastis karena hal itu bakal memberikan dampak buruk, yaitu mendorong terjadinya muscular loss, alih-alih mengurangi lemak pada tubuh. Penting banget buat kita ingat kalau aktivitas fisik dan nutrisi adalah dua hal yang selalu berkaitan jika ingin mendapatkan manfaat yang optimal. Untuk itu, kamu harus selalu memperhatikan konsumsi karbohidrat dan lemak serta mengimbanginya dengan konsumsi buah dan sayur.

4 Tips Kembali Olahraga Setelah Liburan Natal

Photo by Jason Briscoe on Unsplash

Pertimbangkan resistance exercises

Hindari melakukan latihan aerobik yang berlebihan. Selain itu, berolahraga selama berjam-jam bukan merupakan cara terbaik untuk mengurangi berat badan. Latihan yang paling baik untuk mengembalikan tubuhmu seperti sebelum Natal adalah dengan resistance exercises karena latihan ini menambah kekuatan otot kita secara perlahan. Ditambah, latihan ini merupakan pilihan yang lebih efektif untuk membakar kalori dan memperbaiki figur. 

Mulai lagi secara perlahan dan bertahap

Setelah banyak melewati jadwal olahraga rutinan, penting banget buat kita untuk menambah workload-nya secara bertahap. Hal ini bermanfaat untuk membuat tubuhmu beradaptasi setelah lama nggak berolahraga. Disarankan juga untuk mengevaluasi kembali kemampuanmu dengan menambah 1-repetition maximum untuk tiap latihan yang kamu lakukan dan membuat rencana yang disesuaikan dengan hasil yang kamu dapat. 

Jangan lupa fleksibilitas

Selain kebugaran dan kekuatan, kamu juga harus mulai memikirkan fleksibilitas. Fleksibilitas tubuh kita bisa makin buruk jika kita nggak sering melatihnya. Kamu bisa banget melakukan dynamic stretching sebelum melakukan olahraga dan melakukan static stretching untuk mengurangi risiko cedera. 

 

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa membantumu untuk mengumpulkan kembali semangat berolahraga setelah liburan. Semoga dengan badan yang fit bisa membantumu dalam menyambut resolusi-resolusi baru di tahun yang akan datang ya, minimates!

 

Featured image by Anastase Maragos on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...