IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

5 Manfaat Prenatal Yoga untuk Kamu dan Si Calon Buah Hati

5 Manfaat Prenatal Yoga untuk Kamu dan Si Calon Buah Hati

Prenatal Yoga adalah rutinitas kebugaran dengan low impact yang tentunya ideal untuk dilakukan saat sedang hamil, bahkan meski kamu nggak terbiasa berolahraga sebelumnya. Nggak hanya untuk membuatmu tetap aktif selama hamil, prenatal yoga ternyata punya banyak manfaat buat kamu dan janin lho, minimates. 


Di artikel ini, minimin akan membahas 5 manfaat prenatal yoga untuk kesehatan kamu selama hamil dan kelancaran persalinan kamu nantinya. 

Menurunkan tekanan darah

Penelitian telah banyak menunjukkan bahwa detak jantung dan tekanan darah wanita hamil menurun setelah melakukan yoga prenatal—bahkan lebih daripada setelah melakukan latihan low impact lainnya seperti berjalan.

Mengurangi risiko persalinan prematur dan komplikasi lainnya

Tingkat stres yang tinggi telah terbukti meningkatkan tingkat keguguran dan kelahiran prematur, dan yoga adalah pengurang stres yang baik. Wanita hamil yang melakukan yoga, termasuk latihan pernapasan, posisi postur, dan meditasi, selama satu jam sehari telah terbukti memiliki tingkat persalinan prematur yang lebih rendah, serta hipertensi kehamilan yang lebih rendah, dibandingkan dengan yang menghabiskan jumlah yang sama untuk berjalan kaki saja.

Membuat mood stabil

Studi lain menunjukkan bahwa yoga terintegrasi, yaitu yoga berbasis olahraga yang dikombinasikan dengan meditasi, relaksasi yang dalam, dan latihan pernapasan, secara signifikan menurunkan tingkat depresi pada calon ibu.

Photo by Yan Krukov

Menjaga berat badan 

Saat hamil, kenaikan berat badan pasti terjadi. Namun, kenaikan yang berlebihan pastinya akan menyulitkanmu saat proses persalinan. Seperti semua aktivitas fisik, prenatal yoga membuatmu tetap aktif dan tentunya membantumu menjaga kenaikan berat badan sebelum melahirkan dengan lebih baik. 

Melancarkan proses persalinan

Latihan pernapasan saat yoga bisa sangat berguna saat kamu mencoba mendorong bayi untuk keluar nantinya. Selain itu, banyak gerakan peregangan dan penguatan dapat meningkatkan pengalaman persalinan dan pemulihan pascapersalinan (baik dari persalinan pervaginam atau operasi caesar) karena otot inti dan otot penting lainnya akan lebih kuat dan lebih kencang. Faktanya, satu penelitian kecil menemukan bahwa wanita yang berpartisipasi dalam rutinitas yoga yang melibatkan hanya enam sesi sebelum waktu kelahiran menghabiskan lebih sedikit waktu dalam persalinan daripada mereka yang nggak melakukan yoga. Penelitian ini juga melaporkan bahwa mereka merasakan lebih sedikit rasa sakit dan lebih nyaman selama persalinan, bahkan setelah persalinan.


Wah, ternyata manfaat prenatal yoga cukup banyak juga ya, minimates. Saat melakukan prenatal yoga, selalu sediakan air minum dan jangan melakukannya secara berlebihan, ya. Juga, ada baiknya kamu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar bisa tahu posisi dan gerakan yang sesuai dengan kondisi tubuhmu. 


Cover Photo by Yan Krukov

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...