IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

5 Tips Menjaga Gula Darah Tetap Seimbang

5 Tips Menjaga Gula Darah Tetap Seimbang

Menyeimbangkan kadar gula darah kamu setiap hari dan sepanjang hidup adalah komponen yang sangat penting untuk menjalani gaya hidup sehat. Hal ini karena gula darah secara langsung memengaruhi metabolisme, kesehatan metabolisme, dan banyak hal di tubuh kita untuk tetap berfungsi dengan baik.


Ada beberapa tips menjaga gula darah tetap seimbang, termasuk memprioritaskan nutrisi sehat, aktivitas fisik, kualitas tidur, mengonsumsi suplemen, dan regulasi stres. 

Jaga pola makan yang seimbang dan padat nutrisi

Tips menjaga gula darah tetap seimbang yang paling utama adalah menjaga pola makan kita. Jika kamu ingin menjaga keseimbangan gula darah dan mengoptimalkan metabolisme, memperhatikan makanan dan pola diet adalah kuncinya. Para ahli menyarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrien lengkap dengan protein, lemak, serat, dan sayuran hijau. Hal ini karena makanan ini menyediakan asam amino esensial dari protein, asam lemak esensial dari lemak, serat, dan produk nonstarki yang nggak banyak berpengaruh pada gula darah.


Selanjutnya, penting untuk mengetahui makanan yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Ini termasuk karbohidrat sederhana (berlawanan dengan jenis karbohidrat kompleks dan tinggi serat yang kamu terima dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dll.), Makanan manis, dan gula tambahan. Umumnya, semakin banyak makanan yang diproses dan disuling, semakin nggak mirip dengan sumber tanaman aslinya, dan semakin cepat dan tinggi lonjakan glukosa darah.


Namun, ini bukan berarti kamu nggak dapat menikmati jenis makanan ini dalam jumlah sedang—atau memodifikasi resep untuk membuatnya lebih ramah gula darah. Agar aman, minimin sarankan untuk menikmati buah dalam bentuk utuh, menggunakan bumbu tanpa tambahan gula, dan menikmati makanan panggang buatan sendiri sehingga kamu dapat menggunakan tepung berserat lebih tinggi dan gula mentah dalam jumlah yang lebih rendah.


Ada juga berbagai cara makan yang menurunkan dan/atau mempertahankan kadar gula darah seseorang. Ini termasuk pola ketogenik rendah karbohidrat, tinggi protein, serta pola makan vegetarian, vegan, dan Mediterania yang kaya akan protein nabati dan sumber serat alami.

Pelajari managemen stres

Tips menjaga gula darah tetap seimbang selanjutnya adalah regulasi stres. Ternyata kesehatan mental dan fisik bisa didapatkan dari berkurangnya stres yang kita rasakan lho, minimates. 


Ketika hormon stres, yaitu adrenalin dan kortisol, dilepaskan, hati kita mengedarkan glikogen yang tersimpan, memecahnya jadi glukosa, serta menyediakan aliran darah kita dengan energi jika kita membutuhkannya. Ini berarti gula darah kita bisa naik dan kemudian turun karena nggak makan selama stres dan latihan intensitas tinggi.


Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres termasuk membuat jadwal tidur yang dipersonalisasi dan melakukan latihan yang menenangkan tubuh dan pikiran — seperti meditasi, pernapasan, dan yoga.

Lakukan aktivitas fisik secara teratur

Melakukan aktivitas fisik secara teratur, termasuk di antara olahraga dan mengerjakan pekerjaan rumah, bisa jadi tips menjaga gula darah tetap seimbang dan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu, nggak terkecuali kesehatan metabolisme. Olahraga dapat berdampak besar pada kadar gula darah kamu karena gula darah digunakan untuk energi. Saat kamu menggunakan otot, sel kamu menyerap gula dari darah untuk energi.


Bergerak kecil seperti berjalan kaki selama 30 menit setelah makan lebih baik daripada nggak bergerak sama sekali. Temukan jenis latihan yang benar-benar kamu sukai, dan buat rutinitas yang cocok untuk kamu.

Prioritaskan tidur yang cukup

Seperti nutrisi yang baik, siklus tidur yang sehat sangat penting untuk mencapai metabolisme yang sehat dan memelihara kesehatan metabolisme sepanjang hidup. Penting untuk memprioritaskan tidur malam yang baik karena kualitas tidur mendorong pengaturan gula darah yang sehat dan istirahat malam yang baik memperkuat kemampuan tubuh untuk menangani glukosa secara efisien.


Untuk meningkatkan kualitas tidur kamu, patuhi jadwal tidur-bangun yang teratur, beralihlah ke kopi tanpa kafein di sore hari, dan ciptakan lingkungan tidur yang membuat kamu merasa tenang. Perhatikan juga apa yang kamu makan sebelum tidur. Makanan manis yang kamu makan sebelum tidur dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Konsumsi suplemen untuk kesehatan metabolisme

Vitamin dan mineral tertentu meningkatkan metabolisme yang sehat, jadi kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen yang memberikan dukungan kesehatan metabolisme.


Nah, itu dia 5 tips menjaga gula darah tetap seimbang yang bisa kamu mulai sejak sekarang, minimates. Sayangi diri dan tubuh dengan mulai membiasakan kebiasan baik agar kamu bisa memiliki kualitas hidup yang baik. 


Have a healthy life, minimates!


Cover Photo by Jason Briscoe on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...