IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

7 Healthy Habits for A Healthy and Happy Life

7 Healthy Habits for A Healthy and Happy Life

Kita semua pasti ingin punya hidup yang sehat, bahagia, sukses, dan berumur panjang. Kita jadi mencari cara untuk mencarinya, kadang juga dengan beberapa jalan pintas yang malah menjauhkan kita dari tujuan itu. 


Padahal, nggak harus seperti itu. Meskipun banyak dari kita menjalani kehidupan yang penuh tekanan dan menuntut, hanya dengan sedikit penyesuaian di sana-sini, kita bisa mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang akan membantu kita menjalani kehidupan yang lebih sehat dan lebih produktif. 


Ada banyak sekali kebiasaan-kebiasaan sehat yang bisa kamu lakukan untuk mencapai hidup yang sehat. Di artikel ini, minimin akan merangkum 7 kebiasaan sehat versi minimin untuk hidup yang lebih sehat. 

Mengontrol hal-hal yang berlebihan

Minum kopi, makan makanan cepat saji, dan menghabiskan waktu di bawah sinar matahari adalah contoh aktivitas yang boleh saja dilakukan asalkan nggak berlebihan. Namun, akan jadi beda kalau kamu melakukannya secara berlebihan. Bahkan, aktivitas yang biasanya sehat seperti olahraga dan tidur bisa menjadi berbahaya jika dilakukan secara berlebihan. Untuk memiliki hidup yang sehat dan bahagia, coba lihatlah kebiasaan sehari-hari kamu dan perhatikan di bagian mana yang harus kamu perbaiki. 

Makan dengan benar dan teratur

Kamu mungkin bingung dengan rekomendasi diet yang nggak jarang kontradiktif satu sama lain. Makan dengan benar nggak harus serumit itu, kok. Makanlah beragam makanan dan fokus pada makanan segar, seperti sayuran dan buah-buahan. Sesuaikan porsi makan yang sehat dan seimbang dan jangan lupa untuk menjelajahi bumbu dan rempah-rempah agar kamu makin semangat untuk makan makanan yang sehat. 

Mengatur berat badan

Setiap kg yang kamu tambahkan melebihi indeks massa tubuh ideal kamu akan menempatkan kamu pada risiko masalah kesehatan yang lebih tinggi di masa depan. Kamu memang nggak harus terlalu ketat mengontrol berat badan kamu, cukup nggak melebihi indeks massa tubuh ideal. Coba lakukan program penurunan berat badan yang cocok dengan kamu dan nggak menyiksa tentunya. Carilah program yang berfokus pada nutrisi, perubahan kebiasaan, dan berdasarkan ilmu pengetahuan yang kuat daripada yang hanya fokus pada penurunan berat badan. 

Berolahraga

Tubuhmu suka dan diciptakan untuk bergerak lho, minimates. Kalau nggak, kesehatan kamu akan mulai terganggu. Olahraga berdampak pada banyak aspek kesehatan kita, baik fisik maupun mental. Pilih program olahraga yang menyenangkan dan cocok buat kamu dan lakukan secara teratur. Jika saat ini kamu nggak bisa banyak berolahraga dan memiliki keterbatasan fisik, minimin sarankan untuk mendiskusikannya dengan dokter kamu dulu ya, minimates. 

Stress management

Kita semua memiliki stres dalam hidup kita, tetapi bagaimana kita belajar mengelola stres itulah yang menentukan dampaknya. Langkah pertama adalah mengidentifikasi stressor serta pemicu perasaan stres kamu. Mengetahui apa yang menyebabkan stres dapat membantu mengurangi perasaan kewalahan dan mengarahkan kamu untuk menemukan solusi. Olahraga adalah salah satu cara yang paling banyak dipelajari untuk mengurangi stres. Berjalan, mengobrol dengan teman dekat, mendengarkan musik, meditasi, dan yoga semuanya juga bisa membantu. 

Photo by Element5 Digital on Unsplash

Tidur cukup dan berkualitas

Punya waktu tidur yang cukup kadang memang sangat susah untuk dicapai, tapi bukan berarti nggak mungkin. Tidur yang buruk terkait erat dengan suasana hati, energi secara keseluruhan, dan produktivitas. Buatlah jadwal tidur yang teratur sebaik mungkin. Cobalah untuk menghindari tidur siang yang berlangsung lebih dari 20 menit. Hindari layar (TV, komputer, telepon) setidaknya satu jam sebelum tidur. Kafein harus dihindari setelah jam 2 siang. Cobalah mendapatkan paparan sinar matahari di siang hari, dan berolahraga.

Menjaga hubungan

Salah satu kebiasaan yang penting untuk kesehatan kamu adalah menjaga hubungan dengan sahabat, keluarga, dan koneksi sosial lainnya. Jadilah sukarelawan, bergabunglah dengan kegiatan komunitas, ikuti kelas, atau temukan cara lain untuk melibatkan diri kamu secara sosial.


Nah, itu dia 7 kebiasaan sehat untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia. Kebiasaan setiap orang memang berbeda-beda dan kamu punya kekuatan untuk memberikan dampak yang baik pada tubuh dan hidupmu lewat kebiasaan yang baik dan sehat. Untuk itu buat kamu yang ingin berbagi soal healthy habit versi kamu sekaligus dapat hadiah menarik, minimin ajak kamu untuk ikut #growithmi Challenge di TikTok miniletics yang sekarang sedang berlangsung sampai tanggal 26 Juni 2022! 


Caranya mudah, lho: kamu hanya perlu membuat video healthy habit routine kamu disertai hashtag #growwithmi #minileticsxjarte #twogetherwithmi dan follow @Miniletics serta @Jartebeauty di TikTok. Jangan lupa untuk like postingan kedua akun itu untuk kesempatan menang yang lebih besar! Dapatkan kesempatan memenangkan 1 set atasan dan bawahan miniletics + voucher jarte! Pemenang akan diumumkan tanggal 27 Juni 2022. Tunggu apalagi, minimates? Yuk, ikutan!




Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...