IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Meningkatkan Performa Olahraga dengan Gratitude

Meningkatkan Performa Olahraga dengan Gratitude

Meskipun hidup kadang terasa seperti rollercoaster yang naik turun, selalu ada hal-hal yang bisa disyukuri setiap harinya. Mensyukuri hal-hal di hidup kita itu seperti domino effect. Jika kita bisa mensyukuri satu hal kecil saja, kita jadi sadar bahwa ternyata kita punya lebih banyak hal untuk disyukuri. 


Rasa syukur/gratitude juga dianggap bisa mengubah hidup kita, lho. Hal ini terbukti dengan fakta bahwa gratitude memberikan efek positif pada diri kita, luar dan dalam, dan dapat mengubah pandangan hidup kita menjadi lebih baik. Nggak cukup sampai di situ, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa gratitude bahkan bisa membantu kita meningkatkan performa olahraga kita. 

Gratitude meningkatkan self-esteem dan kepercayaan diri 

Self-esteem dan rasa percaya diri bisa ditingkatkan dengan gratitude lho, minimates. Ketika kita menghargai hal-hal yang ada di diri kita, kita bisa dengan mudah meningkatkan rasa percaya diri kita serta membantu mencegah kebiasaan yang merusak seperti membandingkan dengan orang lain. 


Selain itu, rasa percaya diri dan self-esteem juga jadi elemen penting dalam meningkatkan performa saat olahraga. Ketika kamu merasa percaya diri dan nyaman dengan diri sendiri, kemungkinan besar kamu juga akan percaya diri untuk mencoba hal-hal baru saat berolahraga dan mendorong diri untuk keluar dari zona nyaman. Kamu juga akan merasa percaya diri dengan tubuh dan progresmu yang tentunya berdampak positif pada performamu. 

Gratitude menimbulkan perasaan bahagia

Selain meningkatkan self-worth, gratitude juga membantu menumbuhkan pola pikir positif dan perasaan bahagia. Banyak di antara kita pasti merasa kalau bagian tersulit dari berolahraga adalah menemukan motivasi untuk melakukannya. Namun, kalau kamu sedang bahagia dan merasa positif, besar kemungkinannya kamu akan merasa termotivasi untuk berolahraga. Dengan hati yang bahagia, kamu juga akan lebih fokus dan meningkatkan training goals

Meningkatkan Performa Olahraga dengan Gratitude

Photo by Sayo Garcia on Unsplash

Gratitude membantu kita mencapai tujuan

Mencapai tujuan yang sudah kita siapkan untuk diri sendiri membutuhkan kendali diri dan disiplin yang continous. Kita semua pasti tahu hal seperti ini bukanlah hal mudah, tapi sering mengungkapkan gratitude bisa membantu menumbuhkan sikap kontrol diri dan disiplin, lho. Saat kamu jadi lebih disiplin dengan rutinitas olahragamu dan bisa mengontrol diri, kamu jadi lebih bertanggung jawab dengan setiap progres yang kamu lakukan.  

Gratitude membantu kita mengelola stres

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa orang yang sering bersyukur dianggap bisa mengendalikan stres lebih baik, menunjukkan resiliensi yang lebih tinggi saat dihadapkan oleh tekanan, dan sembuh dari sakit dengan lebih cepat. Strategi stress coping yang dipelajari dari gratitude bisa juga berpengaruh ke performa latihanmu karena lebih sedikit stres berarti tubuh kamu dapat berlatih dengan lebih baik. Mengurangi stres lewat gratitude akan membuat kamu jadi bisa mendorong diri kamu lebih jauh tiap latihan dan juga membuatmu nggak rentan cedera dan kelelahan. 

BAGAIMANA MEMULAINYA?

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mulai sering mengungkapkan gratitude lho, minimates: 

Meningkatkan Performa Olahraga dengan Gratitude
  1. Sisihkan beberapa waktu sebelum atau sesudah mulai olahraga. 
  2. Ambil pena dan buku catatan, atau kamu juga bisa mengunduh aplikasi gratitude lists di ponsel kamu.
  3. Tulis daftar hal-hal yang kamu syukuri, mulai dari yang paling sederhana sampai yang signifikan untuk hidup kamu. 
  4. Kamu juga bisa lebih detail dengan gratitude journaling jika membuat daftar dirasa tidak cukup. 
  5. Perhatikan apa yang bisa kamu syukuri sepanjang hari dan bagikan rasa terima kasih kamu dengan orang lain.
  6. Ucapkan terima kasih lebih sering. 
  7. Saat harimu berakhir, renungkan lagi apa yang sudah kamu dapatkan di hari itu, lalu ucapkan syukur. 

Nah, itu dia cara meningkatkan performa olahragamu dengan gratitude. Ternyata kita nggak harus membayar lebih mahal untuk meningkatkan performa latihan. Cukup dengan rasa syukur dan rasa terima kasih, kamu bisa jadi pribadi dengan mental dan fisik yang lebih baik. 


Cover Photo by Amadeo Valar on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...