IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Yoga Menggunakan Musik? Ternyata Ini Dia 5 Manfaatnya

Yoga Menggunakan Musik? Ternyata Ini Dia 5 Manfaatnya

Dalam yoga, kita selalu dikelilingi dengan suara-suara yang membantu kita masuk ke dalam keadaan pikiran yang ideal dan menenangkan serta membantu kita terhubung dengan diri sendiri. Mantra, ocean breath, singing bowl, bahkan suara guru yang menenangkan hanyalah beberapa dari cara kita menggabungkan suara ke dalam setiap latihan kita. 


Untuk merayakan Hari Yoga Internasional serta Hari Musik di tanggal 21 Juni kemarin, minimin ingin ngobrol soal manfaat yoga dan musik, nih. Di beberapa kesempatan, minimates pasti sudah tahu kalau yoga modern telah lebih jauh memperkenalkan musik ke dalam yoga. Penelitian menunjukkan bahwa banyak bentuk latihan yoga modern yang lebih efektif bila disertai dengan musik. Dari musik tradisional India dan Tibetan singing bowls sampai melodi yang disusun secara digital dan suara sekitar, musik selalu bisa menawarkan serangkaian manfaatnya sendiri, yang diperkuat melalui yoga.

Photo by petr sidorov on Unsplash

BAGAIMANA MUSIK BISA MENINGKATKAN PENGALAMAN YOGA KITA? 

Musik memberikan dasar

Mengalihkan fokus kita dari tanggung jawab sehari-hari ke latihan yoga adalah hal yang sama sekali nggak mudah. Nah, musik dapat digunakan sebagai jembatan yang membawa kita pada fokus batin dan membantu kita tetap berada di saat ini. Musik juga bisa membantu kita kembali fokus tiap kali pikiran mulai ke mana-mana. 

Cues untuk latihan yoga kita

Kelas yoga yang menyeluruh dan dinamis biasanya memiliki struktur, dan musik bisa sangat berguna untuk memandu kita melalui berbagai tahap latihan. Memasukkan musik yang dirancang dengan baik bisa memberikan petunjuk tentang arah latihan sehingga latihanmu bisa tetap terarah dan terstruktur.  

Musik menumbuhkan kesadaran 

Selain memperhatikan tubuh dan pikiran, kesadaran yang tajam terhadap lingkungan sekitar adalah bagian penting dari latihan yoga. Ini termasuk menyadari faktor luar, seperti suara, bau, suhu dan rangsangan visual. Namun, menemukan jalan menuju keadaan kesadaran akut dapat menjadi tantangan. Musik bertindak sebagai alat yang baik yang dapat berfungsi sebagai jangkar yang membantu kita menyelaraskannya dengan indra yang lain. 

Musik mendorong adanya gerakan

Ketika kita mendengar musik, respons alami kita adalah bergerak. Terkadang, gerakan itu nggak kentara, seperti mengetuk kaki atau menggelengkan kepala mengikuti irama. Beberapa musik memunculkan keinginan untuk melompat, menendang, mengepak, berputar, menggoyangkan dan memutar. Sebagai guru yoga, kita tentunya ingin membangkitkan rasa haus akan gerakan pada murid. Memilih musik yang tepat untuk kelas yoga sangat penting dalam membantu kita mencapai tujuan itu.

Musik membantu mengontrol tekanan darah

Mengatur napas kita sangatlah penting dalam semua konteks yoga. Selama meditasi, napas membantu kita tetap fokus. Ada beberapa penelitian yang mengkonfirmasi efek positif musik terhadap tekanan darah. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 menemukan bahwa menggabungkan kerja napas dan musik bekerja efektif dalam mengatur tekanan darah.


Nah, itu tadi 5 manfaat latihan yoga menggunakan musik. Namun hal yang perlu diingat, manfaat yoga dengan musik bisa berbeda-beda tergantung individu masing-masing ya, minimates. Musik juga harusnya disesuaikan dengan jenis yoga yang akan dilakukan dan pastikan nggak terlalu mengganggu fokus kamu, ya.  

Cover Photo by Avrielle Suleiman on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...