IDR

    Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

    Cara Praktis Latihan Mindfulness buat Workaholic

    Cara Praktis Latihan Mindfulness buat Workaholic

    Para milenials dan generasi Z pasti udah gak asing dengan istilah multitasking. Meski udah sering lembur di kantor, nyatanya masih aja perlu ngantor di cafe sambil ngopi cantik. Betul gak minimates? Kerjaan serasa ada aja dan tab browser di layar komputer makin lama makin menumpuk.

    Coba udah berapa banyak tab browser yang minimates buka sekarang? minimin yakin pasti banyak. Yuk minimin tunjukin cara praktis meningkatkan produktivitas dengan salah satu latihan Mindfulness yaitu Single Tasking atau tugas tunggal. Baca dan simak dengan seksama ya!

    Apa sih Single Tasking itu?

    Tugas tunggal atau Single Tasking adalah sikap fokus pada satu tugas dengan keseluruhan badan dan pikiran yang dalam mode netral pada semua gangguan potensial. Seperti kuda yang berlari di trek dengan kecepatan penuh, berkedip namun hanya garis finish yang terlihat olehnya. minimates harus jadi seperti kuda jika mau tingkatkan produktivitas.

    by Floral Deco

    Di tingkat praktis, tugas tunggal adalah sesi waktu bekerja dalam keadaan mengalir. Teknik ini memungkinkan minimates menghasilkan sejumlah besar pekerjaan berkualitas tinggi dalam waktu singkat tanpa gangguan eksternal seperti suara bising, kebakaran, kebanjiran dan hal-hal lain yang bikin minimates lupa akan tanggung jawab kerjaan yang harus segera selesai. Masalah terbesar minimates yang harus diatasi adalah pikiran yang sibuk dari gangguan eksternal.

    Single Tasking adalah kuncinya. minimates harus memprediksi dan menetralisir segala gangguan potensial sebelum minimates duduk untuk bekerja. Ini adalah landasan dari Single Tasking. Anda harus tegas dan sadar untuk menghilangkan semua gangguan.

    Temukan Lokasi yang Tenang

    Temukan tempat yang tenang di mana Anda tidak akan terganggu. Terkadang itu berarti pergi ke tempat lain. minimin menyewa meja di coworking space, jauh dari semua gangguan eksternal. Di situlah minimin melakukan semua Single Tasking dan menyelesaikan pekerjaan paling banyak.

    Tutup Semua Tab Browser

    Dengan tegas dan sadar, tutup semua tab browser minimates yang tidak terkait langsung dengan pekerjaan yang akan minimates selesaikan. Semua itu hanyalah beban psikologis dan gangguan yang tidak perlu.

    Senyapkan Ponsel

    Letakkan ponsel minimates dalam mode senyap atau 'jangan ganggu'. Atau, minimates dapat menggunakan aplikasi untuk memblokir semua notifikasi Anda. Dalam hal ini, ponsel adalah gangguan terbesar.

    Kosongkan Pikiran

    Sangat penting bahwa minimates tidak memiliki pikiran yang sibuk sebelum memulai. Pikiran yang sibuk tidak bisa fokus pada satu tugas lama. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan sepuluh menit meditasi atau menggambar dengan penuh perhatian.

    Setel pengatur waktu

    Putuskan berapa lama sesi tugas tunggal minimates akan berlangsung dan kemudian atur timer. Jika minimates kesulitan berkonsentrasi, mulailah dari yang kecil dan tingkatkan hingga waktu yang lebih lama.

    Timer terbaik untuk digunakan adalah timer fisik seperti timer telur. Duduklah di tengah meja minimates di mana kamu dapat melihatnya dengan jelas. Lebih baik menghitung mundur waktu yang ditentukan. Gunakan aplikasi di ponsel Anda jika perlu, tetapi matikan semua notifikasi lainnya. Berpacu dengan waktu akan memaksa Anda untuk bekerja lebih cepat dan tetap fokus.

    Itu dia cara praktis latihan Mindfulness untuk meningkatkan produktivitas.

    Selamat mencoba ya!

     

    Cover by golubovvy from Getty Images

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published

    Loading...