IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Fakta Tentang Flow State, Kondisi Optimal untuk Capai Performa Maksimalmu

Fakta Tentang Flow State, Kondisi Optimal untuk Capai Performa Maksimalmu

Kalau minimates sering merasa menyatu dan larut dalam kegiatan yang kamu lakukan, kamu bisa saja sedang mengalami sebuah kondisi mental yang para psikolog sebut sebagai flow state. Nyatanya, mencapai kondisi mental yang satu ini bisa membantu kamu merasakan kenikmatan, energi, dan keterlibatan yang lebih besar dalam aktivitas sehari-hari. Namun, apa sih sebenarnya flow state itu? Di artikel ini, minimin akan mengupas fakta tentang flow state yang sebaiknya kamu tahu agar aktivitas yang kamu lakukan bisa optimal. 

APA SIH FLOW STATE ITU?

Menurut psikolog Mihály Csíkszentmihályiflow state adalah keadaan pikiran yang membuat seseorang tenggelam dalam aktivitas yang mereka lakukan. Tenggelam di sini bisa diartikan sebagai keadaan fokus yang membuat seseorang benar-benar asyik dan menikmati aktivitas ataupun pekerjaan mereka. 


Fakta tentang flow state lainnya adalah hal ini sendiri bisa terjadi dengan cara yang berbeda-beda tiap individu dan sering terjadi ketika kamu melakukan sesuatu yang kamu sukai dan cukup terampil dalam melakukannya. Keadaan ini sering dikaitkan dengan seni kreatif, seperti melukis, menggambar, atau menulis. Namun, flow state juga dapat terjadi saat melakukan olahraga, seperti yoga, ski, tenis, sepak bola, menari, atau berlari.

TERUS, APA SAJA MANFAAT FLOW STATE?

Fakta tentang flow state lebih dari yang kamu tahu lho, minimates. Nggak hanya membuat aktivitas kamu jadi terasa lebih enjoyable, flow state juga kasih sejumlah manfaat lain, lho. 

a woman feeling content and smiling

Regulasi emosi

Dengan meningkatnya flow state pada diri, kamu akan mengalami tumbuhnya kompleksitas emosi yang kamu rasakan. Hal ini tentu bisa membantu kamu mengembangkan skill yang memungkinkan kamu mengatur emosi secara lebih efektif

Rasa puas dan bahagia

Fakta tentang flow state lainnya adalah kamu jadi bisa lebih menikmati apa yang kamu lakukan saat berada pada kondisi flow. Karena aktivitas atau pekerjaan jadi lebih menyenangkan, kamu juga jadi cenderung menganggapnya bermanfaat dan memuaskan. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa flow state mungkin berhubungan dengan meningkatnya tingkat kebahagiaan, kepuasan, serta aktualisasi diri. 

Motivasi dari dalam diri

Sebagai kondisi pikiran yang positif, flow state bisa membantu kamu menumbuhkan motivasi dalam diri. Motivasi intrinsik melibatkan hal-hal seperti melakukan sesuatu untuk “imbalan” internal (bagaimana hal itu membuat kamu merasa) serta “imbalan” eksternal (seperti hadiah atau pembayaran). 

Engagement dan performa

Orang-orang yang berada pada kondisi flow state merasa terlibat sepenuhnya dalam pekerjaan atau aktivitas yang mereka lakukan. Para peneliti telah menemukan fakta tentang flow state yang dapat meningkatkan kinerja di berbagai bidang, termasuk pengajaran, pembelajaran, atletik, dan kreativitas artistik. 

Sarana belajar, pengembangan skill dan kreativitas

Karena dalam mencapai flow state perlu penguasaan substansial dari keterampilan tertentu, kamu tentunya perlu terus mencari tantangan dan informasi baru untuk mempertahankan keadaan ini. 

TERUS, CIRI-CIRI FLOW STATE ITU BAGAIMANA?

Ada 10 faktor yang menandai pengalaman flow state kamu nih, minimates. Namun, perlu diingat juga kalau meskipun banyak dari faktor berikut bisa terjadi, kamu juga nggak harus mengalami semuanya untuk mencapai flow state

working space with several people working
  • Kegiatan ini secara intrinsik bermanfaat.
  • Ada tujuan yang jelas, meskipun menantang, masih dapat dicapai.
  • Ada fokus penuh pada aktivitas itu sendiri.
  • Kamu merasa punya kontrol pribadi atas situasi dan hasil dari kegiatanmu. 
  • Kamu merasa tenang dan hilang kesadaran diri. 
  • Ada feedback langsung yang kamu rasakan. 
  • Kamu paham bahwa kegiatanmu bisa dilakukan dan ada keseimbangan antara level skill dan tantangan yang ada. 
  • Kamu kurang sadar dengan kebutuhan fisikmu. 
  • Ada konsentrasi yang kuat dan perhatian yang terfokus.
  • Kamu merasa waktu berlalu begitu cepat. 

CONTOHNYA BAGAIMANA SIH, MIN? 

Contoh flow state sih bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari ya, minimates. Namun, ada juga contoh praktis yang penting di berbagai bidang termasuk dalam olahraga, pendidikan, dan juga tempat kerja. 

Flow state dalam aktivitas kreatif 

Fakta tentang flow state lainnya adalah kondisi ini seringkali dikaitkan dengan kreativitas. Misalnya, seorang penulis yang mengalami flow state bisa jadi begitu tenggelam dalam pekerjaan mereka sehingga waktu berlalu tanpa dia sadari. Kata-kata mengalir dengan mudah dan cepat. Seorang seniman mungkin menghabiskan berjam-jam mengerjakan lukisan, dan muncul dengan banyak kemajuan dan perasaan bahwa waktu berlalu dengan cepat.

Flow state saat bekerja

Flow state juga bisa terjadi ketika seorang pekerja melibatkan diri serta fokus penuh dalam mengerjakan pekerjaan atau proyek yang dia kerjakan. Misalnya, seorang IT programmer bisa saja mengalami kondisi psikis ini saat mencoba memecahkan masalah pemrograman. 

Flow state dalam olahraga

Untuk mencapai flow state, kamu bisa melibatkan diri dalam aktivitas atletik yang menantang. Aktivitas atletik ini tentunya harus bisa kamu lakukan dan menghadirkan sedikit peningkatan kemampuan. Flow state bisa membuat seorang atlet meningkatkan performanya. 

a woman in a gym place

BAGAIMANA SIH CARA MENCAPAINYA? 

Selain fakta tentang flow state, ada beberapa strategi yang bisa kamu gunakan untuk membantumu mencapai flow state

Tetapkan tujuan yang jelas 

Flow state kemungkinan terbesar terjadi ketika seorang individu dihadapkan pada tugas yang memiliki tujuan jelas yang memerlukan tanggapan khusus. Nah, permainan catur bisa jadi salah satu contoh yang baik soal kapan kondisi pikiran yang satu ini terjadi. Selama durasi kompetisi, pemain memiliki tujuan dan respons yang sangat spesifik, memungkinkan perhatian untuk terfokus sepenuhnya pada permainan selama periode permainan.

Hilangkan distraksi

Kamu akan sangat susah mencapai flow state jika ada hal-hal di sekitarmu yang menarik atau malah menyita perhatianmu. Cobalah mengurangi gangguan sehingga kamu bisa sepenuhnya fokus pada pekerjaan atau aktivitas yang ada. Kamu bisa coba memakai headphone peredam bising, mematikan atau menyimpan telepon, dan sebagainya. 

Tambahkan elemen tantangan 

Flow state juga terjadi ketika kemampuanmu sepenuhnya dilibatkan dalam mengatasi tantangan yang hampir bisa dikelola. Hal ini membuat kamu jadi mempelajari kemampuan baru serta meningkatkan tantangan dalam pekerjaan yang kamu lakukan. Jika tantangan terlalu rendah, kamu bisa mencapai flow state dengan meningkatkan tantangannya. Jika tantangannya terlalu besar, kamu juga bisa mencapai flow state dengan mempelajari keterampilan baru. 

Pilih kegiatan yang kamu nikmati 

Kamu nggak mungkin mencapai flow state jika kamu melakukan aktivitas yang nggak benar-benar kamu sukai. Fokuslah mencapai flow saat mengerjakan hal-hal yang kamu suka. 


Nah, itu tadi fakta tentang flow state yang wajib kamu ketahui. Mencapai flow state bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat aktivitas kamu jadi lebih menyenangkan. Kamu nggak hanya jadi perform lebih baik, tapi juga bisa meningkatkan keterampilan dan kemampuan kamu. Kabar baiknya, flow state jadi kemampuan yang bisa selalu kamu capai dengan latihan. 


Namun, penting untuk kamu ingat bahwa flow state adalah keadaan yang dinamis dan selalu berubah. Saat skill-mu meningkat, kamu juga harus menyesuaikan tingkat tantangan yang diperlukan untuk membantumu mencapai flow state ya, minimates. 


Cover Photo by Christin Hume on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...