IDR

    Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

    Insecure sama Bentuk Badan? Yuk Baca dengan Seksama!

    Insecure sama Bentuk Badan? Yuk Baca dengan Seksama!

    Hello minimates!

    Di era digitalisasi sekarang, kita yang selalu dikelilingi oleh konten media sosial pasti sudah familiar dengan istilah insecure dan anxiety, yang bahkan tanpa disadari sudah mempengaruhi pola hidup kita. Yup, kita jadi lebih senang membandingkan diri tanpa disadari dan banyak dari kita yang insecure dengan badan si A, si B, si C. Selain mempengaruhi pola hidup, ternyata hal ini juga mempengaruhi pola makan banyak orang.

    minimates tentunya sering mendengar istilah Eating Disorder atau gangguan mental saat mengonsumsi makanan. Penderita gangguan ini bisa mengonsumsi terlalu sedikit atau terlalu banyak makanan yang membuat mereka terobsesi dengan berat badan atau bentuk tubuhnya. Meski telah banyak penelitian yang mengklaim bahwa Eating Disorder tidak dapat disembuhkan secara total. Namun gangguan psikologis ini bisa ditekan lho minimates.

    Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa di praktekin dengan mudah:

    1. Berhenti sejenak dari media sosial

    by Urupong from Getty Images

    Tenang aja, hanya sejenak dan ga lama kok Minimates. Berhenti sejenak dari media sosial artinya Minimates sediakan waktu khusus untuk berpikir kembali seperti “apa tujuan saya lihat Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, TikTok?” Mengapa demikian? Media sosial tetap perlu untuk bekerja dan networking, namun perlu disadari ya bahwa selama scrolling minimates dalam keadaan sadar dan memiliki tujuan. Dengan begitu, minimates bisa langsung mengalihkan diri saat ternyata malah bikin diri sendiri insecure, cemas dan bahkan depresi. Tentu minimates ingin juga sehat mental kan.

    2. Mulai praktik Mindful Eating sebagai terapi

    by Astarot from Getty Image Pro

    Sudah banyak jurnal dan psikolog yang merekomendasikan Mindful Eating sebagai terapi gangguan Eating Disorder. Caranya sederhana: (1) Awali sarapan kamu dengan nafsu makan tetapi tidak saat lapar sekali, (2) mulai dengan porsi kecil, ambil suapan kecil serta kunyah dengan penuh rasa syukur, dan (3) bawa semua indra kamu saat makan dengan perlahan. Dengan latihan sedikit demi sedikit setiap hari, minimates pasti dapat merasakan manfaat dan perubahan nya.

    3. Memilih pakaian yang nyaman sesuai bentuk tubuh

     

     

    Penderita gangguan Eating Disorder bisa mengonsumsi terlalu sedikit atau terlalu banyak makanan yang membuat mereka terobsesi dengan berat badan atau bentuk tubuhnya. Seringkali faktor utamanya adalah soal bentuk tubuh yang berkaitan dengan pakaian. Tentu aja pakaian berperan besar dalam ketahanan mental kita minimates. Oleh karena itu memilih pakaian yang nyaman, tidak terlalu ketat juga tidak terlalu longgar adalah kuncinya supaya terhindar dari rasa insecure.

    Nah itu tadi langkah-langkah praktis yang minimates bisa lakukan dengan mudah ya.

     

    Cover by Vadimgizhva Image Pro

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published

    Loading...