IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

#SerenitySunday: Mindfulness Practice to Reduce Stress

#SerenitySunday: Mindfulness Practice to Reduce Stress

Pikiranmu berantakan karena terus-menerus terlibat dalam percakapan satu arah? Mindful Journaling akan bantu minimates membuka jalur komunikasi dan memulai percakapan yang sangat dibutuhkan dengan diri sendiri untuk membawa masalah ke depan dan menyelesaikannya. Jauh-jauh deh dari stress berlebih.

Apa Sih Mindful Journaling?

Penjurnalan yang penuh perhatian atau Mindful Journaling adalah tindakan memeriksa secara ekspresif apa yang ada di kepala dan hati. Mindful Journaling merupakan penulisan meditatif yang melatih diri dan merefleksikan pada diri sendiri mengapa minimates merasakan hal tertentu seperti marah, bahagia, frustasi dan kemudian melepaskannya keluar dari kepala minimates dan ke atas kertas.

Langkah Praktis Latihan Mindfulness untuk Mengurangi Stress

by natalie_board from Getty Images

Berefleksi pada diri sendiri tentang diri dan pada gilirannya, minimates mengenal siapa minimates sebenarnya: motif, nilai-nilai, cara berpikir dan perasaan. Ketika minimates meletakkannya di atas kertas, minimates dibebaskan dari pikiran negatif dan dimungkinkan untuk bergerak melewatinya.

1. Letakkan di Kertas

Seluruh hidup kita sekarang berkutat dengan elektronik. Jika minimates menggunakan tinta dan meletakkan pikiran di atas kertas nyata, itu akan membantu membawa minimates ke masa kini dan tidak melayang-layang di jurang dokumen smartphone atau komputer.

Semakin pribadi minimates membuatnya, dan semakin minimates menyukainya, semakin besar pula kemungkinan minimates menggunakannya. Plus, memiliki jurnal minimates di tempat terbuka (di samping tempat tidur atau di meja) untuk minimates lihat setiap hari adalah pengingat dan motivasi yang bagus untuk duduk dan menulis.

2. Tulis Tanggalnya

Menulis tanggal membantu kita tetap fokus pada masa kini – sebuah pengingat bahwa kita tidak harus membiarkan perjuangan dan tekanan sebelumnya mempengaruhi kita hari ini.

Kita sering lupa bahwa setiap hari kita bangun adalah anugerah. minimin tahu kedengarannya klise, tapi itu sesuatu yang patut disyukuri.

Hari ini – setiap hari – adalah kesempatan baru untuk memulai lagi. Mungkin minimates tidak mencapai tujuan kemarin, tetapi minimates cukup beruntung memiliki waktu 24 jam lagi untuk mencoba lagi. Kesempatan untuk bekerja lebih keras, untuk terus maju dan tidak menyerah. Ini adalah bagaimana minimates mendekati setiap hari yang membentuk seluruh hidup minimates. Mulailah dengan bersyukur, dan mulailah hari ini.

3. Refleksikan

Keluarlah dari diri dan lihat situasi – jadilah di pihak minimates sendiri yang tidak memihak dan evaluasi diri sendiri. Misalnya, minimin memecahkan masalah dengan bertanya pada diri sendiri nasihat apa yang akan minimin berikan kepada seorang teman – minimin menempatkan diri sendiri pada posisi orang lain. Kutipan dari Elizabethtown ini sepenuhnya mewujudkan praktik penjurnalan saya, “Nikmati. Rangkullah. Buang itu. Dan lanjutkan.”

minimates perlu membungkus diri dalam detail saat ini dan melekat pada emosi masa lalu dan kemudian melihat ke gambaran yang lebih besar. Tentu kita tidak dapat mengubah apa yang telah terjadi, dan memikirkannya akan membawa penyesalan. minimates boleh banget untuk merasakan apa yang dirasakan – tidak salah. Tetapi perubahan dalam perspektif akan membantu minimates sembuh dari rasa stress yang berlebihan.

Nah itu tadi langkah praktis latihan Mindfulness untuk mengurangi stress yang bisa minimates lakukan dirumah. Selamat mencoba dan buat #SerenitySunday mu bermakna!

 

Cover by kieferpix from Getty Images

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...