IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

PPKM Diperpanjang, Ini 5 Langkah Praktis Mengatasi Anxiety di Masa Pandemi

PPKM Diperpanjang, Ini 5 Langkah Praktis Mengatasi Anxiety di Masa Pandemi

Hey minimates! Semoga kabarnya senantiasa baik dan sehat selalu ya. Selama masa pandemi ini, pasti tidak sedikit yang merasa takut dan cemas soal hari esok. Ga diragukan lagi, sepanjang tahun 2020 kita patut mengapresiasi diri karena tetap tangguh menghadapi kerasnya hidup selama pandemi. Namun gimana cara mempertahankan ketangguhan saat kita dituntut untuk hidup di ketidakpastian masa pandemi?

minimates tenang aja, minimin kasih tips praktis mempertahankan ketangguhan fisik dan mental di saat pandemi.

1. Minum air hangat dan lemongrass (serai)

by Faststudio04 from Getty Images

Tumbuhan serai (lemongrass) telah terbukti mampu mengurangi inflamasi atau peradangan tubuh yang memperburuk kondisi kesehatan, termasuk berkontribusi pada penyakit jantung dan stroke. Peradangan inilah yang memicu rasa cemas berlebihan pada mental manusia. Dua senyawa utama dalam serai, yakni citral dan geranial, dapat menjadi zat anti-inflamasi yang mencegah proses peradangan di tubuh manusia. Pandemi membawa dampak negatif bagi manusia dalam hal kestabilan emosi, dengan sadar meminum air hangat dan serai membantu menenangkan batin karena kandungan anti-inflamasi atau peradangan. Secara berkala, satu gelas air hangat dan serai setiap pagi berkontribusi dalam menyiapkan fisik dan mental untuk siap menghadapi hari agar tetap fokus dan tenang.

2. Dengarkan heavy rain music saat di rumah atau WFH

by Middelveld from Getty Images Signature

Di rumah aja dan WFH pasti sangat membosankan. Semua akses keluarga untuk berlibur sementara ditutup lagi dan lagi. Pikiran semakin kalut dan panik bagaimana cara mengatasinya. Tenang minimates, tetap minum ramuan serai hangat tiap pagi serta dengarkan musik heavy rain yang banyak tersedia di platform musik. Memelihara indera pendengaran sangat penting dalam menjaga kestabilan emosi. Suara heavy rain berkontribusi membawamu dalam suasana netral dan tenang seperti sedang di alam terbuka yang sedang hujan dan membawa ketenangan. Silakan juga memutar musik ini menjelang tidur agar tidur semakin nyenyak ya minimates!

3. Lakukan therapeutic activities

by Antonio Diaz from Getty Images

Setiap orang memiliki kegiatan yang menyembuhkan dan memenangkan sendiri-sendiri, minimin lebih suka memasak sebagai kegiatan therapeutic. Namun bukan berarti kegiatan lainnya akan menghambat proses ketenangan kita yang minimates! Olahraga sangat membantu menaikkan hormon endorfin yang berkontribusi pada ketenangan jiwa manusia. Namun kegiatan therapeutic harus dianalisa dengan seksama; kegiatan apa yang membuat badan dan pikiran kita semakin segar? kegiatan apa yang membuat rasa cemas meningkat? Pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu minimates jawab dengan jujur agar bisa melakukan kegiatan therapeutic sesuai kebutuhan dan tepat sasaran. Tulis 5 kegiatan therapeutic yang membuatmu tenang, lalu praktekkan 3 hal teratas dari 5 yang kamu tulis. Semangat mencoba ya!

4. Latihan mindful eating

by Astarot from Getty Image Pro

Memulai praktek mindful eating sebagai terapi, selain makan makanan yang bergizi mindful eating berperan besar dalam memperkuat kestabilan emosi. Sudah banyak jurnal dan psikolog yang merekomendasikan mindful eating sebagai terapi gangguan eating disorder. Caranya sederhana; 1) Awali sarapan kamu dengan nafsu makan; tetapi tidak saat lapar sekali, ya. 2) Mulailah dengan porsi kecil; ambil suapan kecil serta kunyah dengan penuh rasa syukur. 3) Bawa semua inderamu saat makan dengan perlahan; bagaimana rasa, tekstur, warna nya? Dengan latihan sedikit demi sedikit serta hari demi hari, minimates pasti dapat merasakan manfaat dan perubahan nya.

5. Istirahat dengan sadar

by Fizkes from Getty Images

Fisik dan mental yang sehat ditentukan oleh kualitas istirahat sebagai bentuk dari disiplin mengatur pola pikir dan emosi sehingga terhindar jauh dari insomnia yang memperburuk kesehatan tubuh karena kurangnya kualitas tidur. Istirahat dengan sadar dapat diperoleh saat minimates benar-benar memberi waktu bagi badan untuk berhenti sejenak, merebahkan badan, memejamkan mata dan bernapas sadar khusus untuk memberi memori pada sel-sel bagaimana kondisi yang harus terjadi saat badan terasa lelah. Latihan ini bukan sekedar tidur ya minimates, melainkan tidur sadar atau dalam bahasa Sansekerta disebut Savasana. Suatu gerakan sadar yang dilakukan untuk mencapai titik ketenangan fisik dan mental dengan metode nafas sadar. Saat melakukan ini, ingat 2 hal yang perlu dihindari; 1) ketiduran karena terlalu nyaman serta 2) pikiran berlarian kemana-mana memikirkan hal yang lain.

Nah itu dia 5 langkah praktis mengatasi anxiety disaat pandemi. Semoga bermanfaat ya, semangat dipraktekkan di rumah minimates!

Cover by Andre Piacquadio from Pexel

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...