IDR

    Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

    5 Tips Sederhana untuk Mengawali Gaya Hidup Sehat

    5 Tips Sederhana untuk Mengawali Gaya Hidup Sehat

    Hidup sehat sudah menjadi keinginan dari semua orang. Saat ini Minimates mungkin sudah mulai menjalankan gaya hidup versimu sendiri. Namun tahukah kamu, Minimates, tips gaya hidup sehat dapat disederhanakan dengan lima langkah mudah yang bisa dimulai sedari sekarang.

    Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima tips mudah untuk memulai gaya hidup sehat sedari sekarang!

    1. Break dari teknologi bentar, yuk!

    Teknologi Komputer

    Photo by: Polina Tankilevitch (Pexels)

    Seringkali tak disadari, peralatan teknologi seperti gadget smartphone, laptop, komputer, hingga alat elektronik lainnya sangat menyita waktu dan berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, sangat disarankan agar sesekali kamu mengambil waktu istirahat dari penggunaan alat-alat tersebut.

    Dilansir dari Health, Safety, and Environment (HSE), istirahat yang pendek tapi sering akan lebih baik daripada yang panjang tapi jarang-jarang. Cobalah beristirahat selama 5-10 menit setiap 1 jam sekali. Fakta ini juga diduking oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Campbell dan Twenge, yang menyimpulkan bahwa melakukan hal ini dapat meningkatkan produktivitas, kualitas tidur, dan bisa memperdalam kedekatan dengan keluarga atau orang-orang terdekat.

    2. Batasi diri dari informasi atau berita yang overload

    Informasi Overload

    Photo by: Andrea Piacquadio (Pexels)

    Berita atau informasi memang penting untuk selalu diikuti perkembangannya. Ada kalanya, berita yang tersiar dapat memberikan informasi, edukasi, hingga hiburan untuk kita. Namun, tidak jarang juga kita dibombardir dengan berita penderitaan, peperangan, dan bahkan hoax. Kisah-kisah yang negatif ini dapat membelokkan pandangan tentang dunia dan menyebabkan kita berfokus pada ketakutan akan hal yang belum pasti terjadi.

    Tipsnya adalah, coba untuk meminimalisir eksposur pada berita-berita negatif, apalagi saat kalian lagi stress atau down. Kalau baca judulnya saja sudah seram, tidak perlu lanjut dibaca ya, Minimates!

    3. Beri waktu untuk diri sendiri dengan memberi “batasan” pada orang lain

    Mandi

    Photo by: Rodnae Productions (Pexels)

    It’s totally ok to say “NO”. Kalau Minimates merasa lelah setelah bekerja atau mengerjakan tugas selama weekday, kemudian datang ajakan keluar dari teman saat weekend, kamu berhak untuk menolak.

    Laura Leinwand, seorang psikoterapis, menyarankan untuk tidak langsung menolak ajakan teman-temanmu itu. Beri waktu beberapa saat agar kamu bisa berpikir, dan juga agar tidak menyakiti perasaan temanmu. Prioritaskan diri sendiri terlebih dahulu, karena kamu juga butuh untuk diperhatikan.
    Reminder! Saying NO might be the best form of self-care.

    4. Luangkan waktu untuk berolahraga

    Olahraga Lari

    Photo by: Kate Trifo (Pexels)

    Menurut hasil penelitian dari Childs dan De Wit mengenai hubungan antara olahraga dan kesehatan emosi manusia, olahraga dapat meredakan dan memperbaiki stres. Olahraga tidak harus di tempat gym atau fitness. Kamu bisa membuat janji untuk bermain badminton, renang, tenis, atau olahraga lainnya bersama teman-teman.

    Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan secara bergantian. Jangan terpaku pada satu jenis olahraga yang kamu tidak suka. Sebaliknya, kamu bisa cari olahraga apa yang membuatmu nyaman dan bisa kamu lakukan sambil have fun!

    5. Makan makanan yang sehat dan bergizi

    Makanan sehat

    Photo by: Kate Trifo (Pexels)

    You are what you eat! Apa yang kamu konsumsi dapat berdampak besar pada apa yang tubuh kamu rasakan. Bukan hanya membatasi diri untuk mengonsumsi makanan tidak sehat seperti fast food, tapi juga memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi tubuh setiap harinya. Seimbangkan konsumsi vitamin dan nutrisi dari semua kelompok makanan utama, dan hindari makan berlebihan atau kurang makan.

    Dikutip dari Mayo Clinic Health System, gizi yang seimbang terdiri dari buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, dan biji-bijian. Makanan seperti ini dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan energi yang optimal.

    Itulah lima tips mudah untuk membuat hidup lebih sehat. Secara teori mungkin terdengar mudah, namun butuh konsisten dan niat yang besar untuk tetap melakukan tips di atas dengan rutin. Ingatlah, setiap usaha akan membuahkan hasil yang indah juga nantinya. Mari mulai “berinvestasi” pada kesehatan tubuh dengan lima tips di atas. Semangat ya, Minimates!

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published

    Loading...