IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Bikin Sehat, Ini Dia yang Terjadi pada Metabolisme Tubuh Saat Puasa

Bikin Sehat, Ini Dia yang Terjadi pada Metabolisme Tubuh Saat Puasa

minimates pernah nggak sih bertanya-tanya apa yang terjadi pada metabolisme tubuh kita saat puasa? Pasalnya, selama sebulan penuh kita harus melakukan perubahan gaya hidup yang cukup signifikan dan tentunya akan berpengaruh banyak pada tubuh kita. Namun, apa benar puasa berdampak baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh kita?

PERUBAHAN METABOLISME PADA TUBUH  

Seperti dilansir dari Hello Sehat, lamanya kita berpuasa akan sangat memengaruhi perubahan metabolisme yang terjadi pada tubuh kita. “Fase puasa” baru dialami tubuh setelah 8 jam sejak terakhir kali kita makan, atau saat usus selesai menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. 


Tubuh kita normalnya menyimpan cadangan makanan utama berupa glukosa (gula) di dalam hati dan otot. Nah, energi yang kita dapatkan untuk beraktivitas sehari-hari dihasilkan dari pembakaran glukosa. 


Bagaimana kalau glukosa mulai habis? Tubuh kita akan mulai menjadikan lemak sebagai sumber energi selanjutnya. Makanya, beberapa ahli mengatakan bahwa puasa merupakan cara yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan karena tubuh mulai membakar lemak saat puasa, menggantikan glukosa yang sudah habis terbakar. Dengan inilah kita bisa tetap beraktivitas selama menjalankan puasa. 


Hal yang mungkin paling ditakuti banyak orang terlebih lagi yang sedang menjalankan program pembentukan otot adalah tubuh akan memakai protein sebagai sumber energi. Pemecahan protein menjadi energi akan sangat memengaruhi massa otot kita dan jika terjadi akan merusak otot.

TENANG, PUASA BERDAMPAK BAIK BAGI TUBUH

Metabolisme Tubuh Saat Puasa

Photo by Sonja Langford on Unsplash


Eits, minimates nggak perlu panik karena puasa Ramadan hanya berlangsung selama 13-14 jam saja, setidaknya di Indonesia. Proses pembentukan energi hanya akan sampai pada pembakaran lemak saja. Nah, untuk berjaga-jaga, minimates bisa berolahraga secara aman saat puasa dan melakukan beberapa hal yang bisa menambah asupan protein kamu saat puasa untuk menjaga massa otot kamu. 


Puasa justru terbukti memberikan beberapa manfaat, diantaranya menurunkan berat badan dan kolesterol darah. Menurunkan berat badan lewat puasa dan diimbangi dengan berbuka dan sahur dengan makanan bergizi seimbang bisa membantu mengontrol gula darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, kolesterol yang terkontrol juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke lewat berat badan dan gula darah yang terkontrol.


Dengan begini, kita jadi tahu kan apa yang terjadi pada metabolisme tubuh kita saat puasa. Sekarang, minimates bisa berpuasa dengan lebih tenang dan khusyuk. Jangan lupa juga untuk tetap memenuhi kebutuhan tubuh lewat makanan dengan gizi seimbang. 


Selamat berpuasa dengan sehat, minimates!



Photo by Christopher Jolly on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...