IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

Jaga Tubuh Tetap Bugar dan Sehat, Ini 3 Kebiasaan Sehat Saat Puasa

Jaga Tubuh Tetap Bugar dan Sehat, Ini 3 Kebiasaan Sehat Saat Puasa


Saat puasa, penting bagi kita untuk tetap mendapatkan makanan dengan nutrisi yang tepat selama waktu berbuka dan sahur untuk mempersiapkan tubuh di puasa hari berikutnya. Untuk itu, kebiasaan sehat selama Ramadan sangatlah penting untuk menghindarkan kita dari kenaikan berat badan atau malah kehilangan massa otot yang sudah kita bangun dengan susah payah. Di artikel ini, minimin akan kasih tahu 3 kebiasaan sehat untuk membantu kamu tetap bugar dan sehat saat puasa. 

MEMENUHI HIDRASI DENGAN CUKUP 

Jumlah cairan yang dibutuhkan seseorang sebenarnya tergantung usia, jenis kelamin, iklim tempat dia tinggal, dan tingkat aktivitasnya. Faktanya:

  • Orang dewasa rata-rata membutuhkan 2-3 liter air setiap harinya. Jadi, pastikan untuk minum banyak cairan sebelum memulai jam puasa. Selain air, jus atau susu juga bisa jadi alternatif yang enak dan tentunya rendah kalori. 
  • Sayangnya, kafein dalam kopi, teh, dan soda menyebabkan peningkatan buang air kecil, jadi sebaiknya batasi minuman ini selama waktu berbuka agar kamu nggak dehidrasi saat puasa. 
  • Buah dan sayur seperti semangka, labu, dan bayam sebagian besar mengandung air dan dapat membantu menggantikan cairan tubuh. Makanya, kamu bisa mulai makan dengan sup atau semur. 

3 Kebiasaan Sehat Saat Puasa

Photo by Mariah Hewines on Unsplash

Mengapa hidrasi penting? 

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air. Karenanya, cairan sangat penting untuk fungsi tubuh,termasuk dalam melakukan metabolisme, mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh, serta membuang limbah sisa metabolisme dan racun dari tubuh. 

MENGONSUMSI PILIHAN MAKANAN YANG LEBIH SEHAT

Rasa lapar seringkali menggoda kita untuk memilih processed foods yang tinggi kandungan garam, gula, serta lemak yang nggak sehat. Makanan-makanan ini tentunya nggak membuat kita kenyang lebih lama dan malah membuat kita jadi cepat haus. Solusi sehatnya: 

  • Cobalah untuk lebih memilih camilan berupa kacang-kacangan panggang daripada keripik atau kue kering.
  • Konsumsi whole grains seperti beras merah dan roti gandum untuk mengganti nasi putih dan roti tawar putih. Energi dari karbohidrat sederhana dari nasi putih biasanya lebih mudah dipecah dan digunakan terlalu cepat sehingga tidak bisa menahan kenyang lebih lama. 
  • Pilih makanan yang dipanggang, dikukus, dan direbus daripada digoreng. 
  • Nikmati takjil manis seperti kue tradisional dalam jumlah kecil saja. Sebaliknya, buah bisa jadi alternatif yang sehat. 

3 Kebiasaan Sehat Saat Puasa

Photo by Ryan Quintal on Unsplash

Mengapa makanan sehat penting?

Kemampuan tubuh untuk memproses karbohidrat dan lemak meningkat pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Selain di waktu-waktu tersebut, makanan yang kita konsumsi bisa jadi tidak dicerna dengan efisien, yang akan menyebabkan naiknya berat badan kita. Solusinya adalah dengan memilih secara bijak makanan yang kita konsumsi saat puasa. 

MENGATUR STRATEGI UNTUK MAKAN, ISTIRAHAT, DAN OLAHRAGA 

Merencanakan aktivitas dan pola makan kamu setelah berbuka puasa akan membantu kamu mengisi bahan bakar serta mempersiapkan tubuh untuk puasa hari berikutnya. 

  • Istirahat itu penting, tapi pastikan untuk bangun lebih lama saat waktu berbuka agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh kamu.
  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan fokus pada makanan yang bisa dicerna secara perlahan untuk menjaga energi agar tidak terkuras dengan cepat. Makanya, penting untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi dan karbohidrat kompleks agar kenyang dan berenergi lebih lama. 
  • Penting juga untuk tetap aktif. Cari waktu untuk berjalan-jalan atau melakukan stretching ringan.

3 Kebiasaan Sehat Saat Puasa

Photo by Alexandr Podvalny on Unsplash

Mengapa strategi penting? 

Penurunan berat badan terjadi ketika seseorang menggunakan lebih banyak energi daripada yang mereka konsumsi. Beberapa penelitian tentang penurunan/penambahan berat badan selama Ramadhan menunjukkan bahwa asupan energi tetap sama atau meningkat, meski frekuensi makannya berkurang. 


Nah, itu tadi 3 kebiasaan sehat agar kita tetap bugar dan sehat saat puasa. Jangan lupa juga cek katalog miniletics untuk koleksi activewear yang siap menemani Ramadan sehatmu! 

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...