IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

Mindfulness of Mindset: Praktik Meditasi untuk Menanamkan Body Image yang Sehat

Mindfulness of Mindset: Praktik Meditasi untuk Menanamkan Body Image yang Sehat

Ketika membicarakan soal bagaimana kita ingin dunia memandang kita, persepsi kita terhadap tubuh kita sendiri bisa bikin overthinking yang nggak jarang malah menyita waktu. Padahal seringkali, bagaimana cara kita memandang diri sendiri nyatanya nggak selalu sama dengan bagaimana orang lain melihat kita. Ini merupakan hal yang wajar, kok.

Kenyataannya, semua orang, terlepas dari umur dan ukuran serta bentuk tubuh mereka, memang memiliki struggle tersendiri dengan pikiran mereka, terlebih ketika membicarakan soal tubuh. Karena itulah, kita bisa mencoba mengurangi beban tersebut dengan mulai membangun body image yang sehat. 

Terus, apa sih body image itu? Ketika kita lagi melihat pantulan diri sendiri di kaca atau bahkan membayangkan diri sendiri di benak kita lalu membuat penilaian terhadap tubuh kita, di situlah kita sedang membentuk sebuah body image untuk diri. Kita membentuk image ini berdasarkan cerminan apa yang kita dapatkan, bagaimana perasaan dan pikiran kita terhadap tubuh kita sendiri, dan perilaku yang kita lakukan sebagai hasil dari perasaan tersebut. Namun, hal yang mesti kita ingat adalah bahwa bentuk tubuh manusia itu beragam dan it’s totally okay kalau kita nggak punya tubuh ideal seperti yang direpresentasikan media. 

Terus, bagaimana caranya biar kita bisa punya body image yang sehat? Jalan menuju body positivity bisa sangat terjal dan sulit, tapi nggak menutup kemungkinan buat dilakukan. Kalau minimates punya masalah dengan self-love dan self-esteem serta kesulitan mempraktikkan penerimaan diri dalam keseharian minimates, meditasi bisa jadi upaya minimates untuk mencapainya. 

Photo by JD Mason on Unsplash

Ketika melakukan meditasi, kemampuan yang harus kita pelajari adalah bagaimana kita bisa memperhatikan dan kemudian melepaskan berbagai pikiran dan perasaan yang kita punya terhadap tubuh kita. Lewat kacamata mindfulness, pikiran hanyalah pikiran, baik itu positif maupun negatif. Ada beberapa pilihan meditasi yang bisa minimates lakukan untuk membantu meningkatkan body image dan self-esteem yang lebih sehat:

Meditasi Cinta Kasih 

Meditasi cinta kasih merupakan tipe meditasi visual yang memungkinkan minimates untuk memfokuskan pikiran pada orang-orang yang minimates sayang serta mencurahkan kebaikan dan kasih sayang kepada diri sendiri juga orang-orang tersebut. Berlatih self-compassion atau sayang diri membantu kita buat belajar mencintai diri sendiri dan tubuh kita saat ini, nggak peduli bagaimana bentuk dan ukurannya. Self-compassion juga mengarahkan kita pada self-care yang tujuannya adalah untuk membuat kita merasa sehat secara fisik dan mental. Belajar menunjukkan kasih sayang pada orang lain juga membantu kita untuk lebih mencintai diri sendiri. 

Guided Imagery

Guided imagery, teknik relaksasi yang mengharuskan minimates untuk membayangkan perasaan damai di pikiran minimates yang akan terasa begitu nyata untuk tubuh, membantu minimates membayangkan bagaimana rasanya punya body image yang sehat. Minimates bisa berlatih guided imagery dengan membangun image tentang body positivity. Pikirkan bagaimana rasanya mencintai dan menerima tubuh sendiri. Bagaimana rasanya dan rupanya? Bagaimana rasanya merawat fisik dan mental minimates dan bagaimana dampaknya buat body image minimates? 

Meditasi Self-Esteem

Self-esteem atau harga diri merupakan cara kita kita memandang diri kita. Memiliki body image yang positif erat kaitannya dengan self-esteem yang tinggi. Untuk memperbaiki body image kita, kita harus belajar untuk menilai bahwa manusia nggak dinilai berdasarkan penampilan. Dengan memperkuat nilai diri kita, kita jadi lebih nyaman dengan keberadaan kita sepenuhnya dan hal itu otomatis akan meningkatkan kepercayaan diri kita dan mengarahkan kita pada body image yang lebih sehat. Bermeditasi untuk meningkatkan harga diri nggak hanya bertujuan untuk mengganti suara-suara negatif dengan yang positif, tetapi juga mengolah semua pikiran Anda saat mereka datang untuk membangun kepercayaan diri dari dalam.

Meditasi Mantra

Pikirkan sebuah kata atau kalimat yang bisa mendorong kepercayaan diri minimates lalu ucapkan dan ulangi beberapa kali. Hal ini dibutuhkan untuk membangun hubungan yang sehat antara diri dan tubuh kita. Katakan pada diri sendiri hal-hal yang mungkin hanya minimates katakan ke orang-orang terkasih, tapi jarang minimates katakan pada diri sendiri. Rapalkan juga apa yang diri kita ingin dengar untuk merasakan kedamaian. Beri diri sendiri waktu untuk fokus pada mantra-mantra itu. 

Meditasi mengajarkan kita bagaimana mengamati benak kita serta persepsinya tentang diri kita dengan maksud untuk menghindari terjebak dalam narasi yang diciptakan oleh benak kita sendiri. Dengan latihan, kita bisa belajar untuk mengamati pikiran dan perasaan yang muncul, melihatnya, dan lalu melepaskannya. Secara bertahap, makin jarang kita terlibat dengan pemikiran soal tubuh semacam ini, makin kecil pula pengaruhnya untuk kita. 

Selamat berproses, minimates!


Featured image by cottonbro from Pexels

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...