IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Nggak Hanya Menyenangkan, Ini Dia 8 Manfaat Olahraga Berkelompok

Nggak Hanya Menyenangkan, Ini Dia 8 Manfaat Olahraga Berkelompok

minimates pernah nggak sih merasa kurang bersemangat tiap kali berolahraga sendiri? Target jadi sering nggak tercapai dan energi jadi lebih cepat terkuras. Mungkin minimates mulai perlu mempertimbangkan untuk olahraga berkelompok, entah itu bersama teman, saudara, kenalan baru, atau ikut kelas fitness. Dalam meningkatkan kebugaran dan kesehatan kamu, olahraga berkelompok bisa berkontribusi besar. Nah, ada 8 manfaat olahraga berkelompok yang perlu kamu tahu.

Dorongan dan motivasi dari teman sekelompok

Energi yang didapat dari olahraga berkelompok adalah motivasi besar untuk mendorong kamu mendapatkan hasil maksimal. Olahraga berkelompok menawarkan lebih banyak dorongan dan motivasi daripada berolahraga sendiri. Dikelilingi oleh orang lain yang juga berusaha sekuat tenaga untuk tetap bugar dan sehat bisa sangat memotivasi lho, minimates. 

Lebih menyenangkan dari yang kamu kira

Manfaat olahraga berkelompok lainnya adalah atmosfernya yang menyenangkan. Semangat tim dan energi latihan berkelompok bisa menghasilkan lingkungan yang menarik dan menyenangkan, yang tentunya lebih menyegarkan daripada berolahraga sendiri. Kamu bisa mencoba olahraga berkelompok sesekali untuk menambah variasi inspirasi ke latihan dan olahraga kamu. Aspek sosial dari latihan kelompok dapat mengubah latihan keras menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menyenangkan. HIIT? Siapa takut!

Photo by Yaroslav Shuraev

Menyatukan kemampuan yang berbeda-beda

Saat berpartisipasi dalam olahraga berkelompok, dijamin kamu akan dikelilingi orang-orang dengan kemampuan yang berbeda-beda juga. Hal ini bisa sangat memotivasi dan berguna, lho. Berolahraga dengan orang yang lebih berpengalaman bisa membantu kamu meningkatkan kemampuan latihan dan berolahraga dengan orang yang kurang berpengalaman bisa memberi kamu kesempatan untuk membantu mereka. Keberagaman semacam ini berkontribusi banyak dalam memberikan manfaat olahraga berkelompok. 

Motivasi untuk mencoba latihan baru

Saat olahraga sendiri, kamu akan dengan mudah berpegang pada latihan dan jenis olahraga yang kamu ketahui dan melewatkan beberapa variasi yang sebenarnya bisa kamu lakukan dalam latihanmu. Berpartisipasi dalam latihan kelompok bisa menjadi cara yang bagus untuk mencoba latihan baru yang mungkin belum pernah kamu coba atau pikirkan sebelumnya, dan yang lebih baik lagi, instruktur juga akan membantu kamu melakukan form dengan benar. 

Olahraga dan latihan yang lebih terstruktur 

Salah satu manfaat olahraga berkelompok yang luar biasa adalah kamu nggak perlu capek-capek merencanakan workout plan. Instruktur atau orang yang bertanggung jawab atas latihan kelompok akan merancang semua aspek latihan untuk kamu dan akan menunjukkan bagaimana cara melakukan setiap latihan. Hal semacam ini cocok banget buat kalian yang bingung dan nggak tahu latihan apa yang harus dilakukan. Kamu cuman perlu fokus memperbaiki gerakan dan form serta menikmati diri sendiri tanpa tekanan untuk merencanakan apa yang harus dilakukan tiap latihan. 

Photo by MART PRODUCTION

Bertemu orang-orang baru

Nggak diragukan lagi, olahraga berkelompok jadi cara yang luar biasa untuk bertemu orang-orang baru yang semuanya punya minat yang sama, yaitu berolahraga! Aspek sosial dari olahraga dan latihan kelompok membawa kesempatan untuk bertemu orang baru dan bersosialisasi sekaligus melakukan latihan, yang dapat membuat latihan jadi lebih menyenangkan.

Sumber endorfin!

Berpartisipasi dalam latihan berkelompok dipercaya bisa meningkatkan produksi endorfin lho, minimates. Berolahraga dengan musik, dipimpin oleh instruktur yang energik, dan berolahraga dalam pengaturan kelompok meningkatkan pelepasan hormon yang membuat kamu merasa bahagia. Beres berolahraga, kamu bisa merasakan kebugaran dan rasa bahagiamu meningkat. 

Jadi jarang skip latihan

Kadang melewatkan olahraga bisa jadi sangat menggoda saat kita berolahraga sendiri. Lagipula, kamu nggak akan dimintai pertanggungjawaban karena melewatkan latihan (selain oleh diri sendiri, sih). Nah, salah satu manfaat olahraga berkelompok yang paling besar adalah kamu diharapkan untuk selalu ikut dalam setiap sesi latihan, terutama jika kamu ikut mendaftar di kelas latihan di gym. Bisa jadi taktik yang bagus agar kamu jadi rutin berolahraga!


Gimana? Setelah mengetahui manfaat olahraga berkelompok, minimates jadi tertarik buat mencobanya nggak? Jelas sekali bahwa manfaat olahraga berkelompok sangat luas. Dengan begitu banyak jenis kelas yang dapat dipilih, kamu bebas memilih yang paling sesuai dengan dirimu dan tujuanmu ya, minimates! 


Jika minimates tertarik untuk melakukan olahraga secara berkelompok, minimates bisa banget ikut gabung dengan minimates Club dengan masuk ke grup WA ini ya! Nggak cuman bertemu dan sharing dengan minimates lain seputar hidup sehat dan bugar, tapi juga berkesempatan untuk ikut kelas latihan online bersama Ce Elaine secara gratis! minimin tunggu, ya!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...