IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

#PowerfulBenefit: 5 Manfaat HIIT yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

#PowerfulBenefit: 5 Manfaat HIIT yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

Setelah sebelumnya minimin membahas apa itu HIIT dan bagaimana cara kerjanya bagi tubuh kita, sekarang minimin mau kasih tahu manfaat-manfaat HIIT. Seperti yang kita tahu, HIIT mengandalkan latihan intens dalam waktu yang singkat dan diikuti dengan proses pemulihan. Meskipun berolahraga dengan upaya maksimal seperti ini sulit dilakukan, hal ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan kita lho, minimates.

Apa saja sih manfaatnya? Nah, ini dia lima manfaat penting jika kita rutin melakukan HIIT dalam rutinitas olahraga kita. 

HIIT dapat membantu kita membakar lebih banyak kalori

Ketika sedang melakukan HIIT, kita membakar kalori dengan jumlah yang sama seperti ketika kita melakukan olahraga biasa. Namun, setelah selesai berolahraga, olahraga HIIT akan membakar kalori lebih banyak dibandingkan olahraga biasa. Hal ini dikarenakan detak jantung kita cenderung tetap stabil setelah berolahraga dengan intensitas biasa. 

Fenomena ini disebut excess post-exercise oxygen consumption (EPOC) atau biasa disebut afterburn. EPOC terjadi ketika tubuh kita membakar lebih banyak kalori untuk mengembalikan sel-sel dalam tubuh setelah melakukan olahraga intens. 

HIIT bisa membantu kita menurunkan badan 

Dengan adanya EPOC, HIIT jadi cara yang lebih nyaman untuk membantu kita menurunkan berat badan karena kita nggak perlu menghabiskan banyak waktu buat berolahraga. Meningkatnya degup jantung membuat pembakaran kalori jadi lebih optimal dan hal ini menjadikan HIIT pilihan paling efektif dalam upaya penurunan berat badan. 

HIIT membantu kita membentuk berbagai macam kelompok otot

Kebanyakan latihan HIIT melibatkan banyak gerakan yang berbeda-beda. Hal ini memungkinkan kita melatih kelompok otot yang berbeda juga di dalam satu latihan yang sama, misalnya HIIT home workout biasanya dilakukan dengan memasukkan squat, push-up, burpees, dan plank dalam satu rutin yang semuanya menargetkan otot yang berbeda. HIIT juga meningkatkan daya tahan otot karena otot tidak banyak beristirahat. 

Photo by Meghan Holmes on Unsplash

HIIT meningkatkan aliran oksigen dan juga darah

Jantung kita memompa darah melalui sistem peredaran darah melalui sistem peredaran darah untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke otot kita. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Science and Sport tahun 2017, HIIT juga meningkatkan kapasitas kardiorespirasi kita, atau kemampuan jantung dan paru-paru kita untuk mengedarkan oksigen ke tubuh, dan juga kehilangan lebih banyak lemak. Dengan kata lain, HIIT dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular kita sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

HIIT dapat membantu menurunkan tekanan darah dan gula darah

Latihan HIIT juga mendatangkan banyak manfaat baik bagi kesehatan, seperti penurunan tekanan darah dan gula darah yang merupakan faktor utama penyakit jantung. Intensitas latihan HIIT yang tinggi dapat membantu pengurangan kadar garam dalam tubuh lewat keringat. Selain itu, HIIT juga membantu kita untuk punya kontrol yang lebih baik pada tingkat insulin dan fungsi pankreas. 

Itu dia lima manfaat penting jika kita rutin melakukan HIIT. Latihan HIIT ternyata memungkinkan kita menuai banyak manfaat kesehatan tanpa perlu pergi ke gym atau invest lebih ke banyak peralatan olahraga ya, minimates. HIIT tentunya nggak cuma memberikan kita tubuh yang atletis dan kencang saja, tapi juga manfaat berupa fleksibilitas dan daya tahan tubuh. Untuk hasil yang maksimal, minimin sarankan untuk setidaknya melakukannya 3-5 sesi per minggu ya, minimates. 


Featured image by bruce mars on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...