IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

The Psychology of Colors Pt. 4: Pengaruh Warna pada Tubuh dan Perilaku Olahraga Kita

The Psychology of Colors Pt. 4: Pengaruh Warna pada Tubuh dan Perilaku Olahraga Kita

Kamu pernah nggak bertanya-tanya mengapa tempat gym dicat dengan warna tertentu, misalnya warna merah? Atau, kamu tahu nggak kalau warna kuning cerah merupakan warna yang bisa bikin kita cepat lelah? 


Para psikolog perilaku meyakini bahwa warna memengaruhi pikiran dan tubuh kita. Menurut seorang ahli saraf dan psikiater asal Jerman, Kurt Goldstein, dalam bukunya yang berjudul The Organism, cahaya masuk dari mata dan kulit, berjalan melalui jalur saraf dan memengaruhi kelenjar pineal di otak, yang pada akhirnya memengaruhi tubuh, pikiran, dan emosi kita. 


Warna berbeda yang mengenai cahaya yang berbeda juga akan memancarkan frekuensi yang berbeda. Itulah sebabnya beberapa warna mampu membuat kita termotivasi, marah, ataupun meningkatkan tekanan darah, sedangkan beberapa yang lain justru bisa menenangkan. Hal ini jugalah yang membuat kita mudah terpengaruh dengan warna-warna di sekitar kita ketika berolahraga. 

Lebih semangat dengan warna merah

Warna merah punya panjang gelombang terpanjang di antara semua warna dan inilah yang membuatnya jadi warna yang kuat. Merah dapat menyegarkan serta menambah semangat latihan kamu. Kamu bisa memberikan aksen warna merah di tempatmu biasa latihan kekuatan. 


Namun, sebaiknya kamu nggak terlalu banyak menggunakan warna merah di mana-mana karena bisa menyebabkan agresi dan agitasi serta meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Campurkan warna merah dengan warna lain seperti putih untuk menjaga keseimbangan warna dan menghindari pemicu perilaku agresif yang berlebihan.

pengaruh warna pada tubuh dan workout

Items on pict: Favorite Crop Tank & Ace Mid Rise Skirt

Capai lebih dengan warna biru

Kalau kamu ingin melakukan angkat besi atau menambah jumlah set atau repetisi kamu, biru bakal cocok buat kamu. Biru dapat meningkatkan produktivitas dan memungkinkan kamu melakukan lebih banyak hal di gym. 


Selain efek menenangkan, biru juga membantu meningkatkan konsentrasi. Karena panjang gelombangnya yang jauh lebih kecil dari merah, objek dengan warna biru tampak lebih ringan jika dibandingkan dengan objek merah, membuatnya lebih cocok untuk mengangkat beban yang lebih berat. Para atlet angkat besi cenderung lebih berhasil mengangkat beban yang dicat biru karena dapat menipu pikiran untuk berpikir bebannya lebih ringan dari yang seharusnya. 

pengaruh warna pada tubuh dan workout

Items on pict: Favorite Hijab & Favorite Long Sleeve

Go calm go green

Ingin merasakan ketenangan saat berolahraga? Jangan khawatir, guys. Kamu bisa banget menggunakan warna hijau. Hijau melambangkan alam, yang nggak hanya merilekskan tubuh, tapi juga menyegarkannya. Warna hijau juga memiliki efek menyembuhkan dan meningkatkan kepuasan hati, yang dapat membuat latihan kamu jadi jauh lebih menyenangkan. 

pengaruh warna pada tubuh dan workout

Items on pict: Motion Dynamic Bra & Motion Train Flex

Pastel dan pink bisa jadi teman yoga

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa warna-warna pastel membantu menenangkan pikiran kita, terutama warna pink. Jadi, kalau kamu berencana untuk punya ruangan khusus buat yoga, kamu bisa mengecatnya dengan warna pink atau hijau pastel. Warna-warna yang menenangkan ini bisa membantu mengendurkan otot dan mengurangi ketegangan. 

pengaruh warna pada tubuh dan workout

Item on pict: Swift Y Bra


Itu tadi beberapa penjelasan soal warna dan pengaruhnya terhadap tubuh serta perilaku olahraga kita. Sekarang, sudah banyak sekali health and fitness centers yang mulai memakai terapi warna untuk menciptakan lingkungan yang ramah, menenangkan, serta menyenangkan. Warna jelas sekali dapat memengaruhi kesehatan fisik, mental, dan spiritual kamu sehingga menjadikannya aspek penting untuk olahragamu. 


Nah, karenanya, miniletics juga ingin turut andil dalam memberikan pengalaman olahraga yang menyenangkan buat kamu nih, minimates. Kamu bisa cek katalog kami dan dapatkan fitness apparel dengan berbagai macam pilihan warna sesuai kebutuhanmu. 


Have yourself a fun workout, minimates!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...