IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Punya Banyak Daging Kurban? Intip 3 Olahan Sehat Daging Kurban Ini!

Punya Banyak Daging Kurban? Intip 3 Olahan Sehat Daging Kurban Ini!

Perayaan Iduladha berarti menumpuknya persediaan daging kurban yang kita punya. Biasanya kalau sudah begini, pasti bingung juga mau dimasak apa saja. Terutama jika ingin mengurangi kolesterol dan efek buruk yang dihasilkan dari terlalu banyak mengonsumsi daging merah. Jadi, bagaimana nih solusinya? 


minimates tenang saja. Ada begitu banyak menu olahan sehat daging kurban yang bisa kamu coba. Pengolahan daging kurban dengan side dish berbagai macam sayuran sangat dianjurkan jika kamu ingin opsi yang lebih sehat. Nah, apa saja nih ide olahan sehat daging kurban yang bisa kita coba? 

Sop daging bening/sop iga 

Sop daging bisa jadi go-to dish kamu jika ingin opsi menu yang lebih sehat lho, minimates. Dengan kuah bening dan side dish sayuran seperti wortel, buncis, daun bawang, dan tomat, sop daging jadi menu sehat yang cukup mudah untuk diolah sehingga memasaknya juga nggak akan terlalu merepotkan. Jika kebetulan kamu punya persediaan iga, kamu juga bisa membuat sop iga yang lezat, sehat, dan menghangatkan badan. Untuk penggunaan daging kambing, sebaiknya masak dengan teknik slow cooking. Selain agar semakin melembutkan serat daging, hal ini juga untuk mencegah pembentukan senyawa yang berpotensi berbahaya untuk tubuh. 

Photo from Sajian Sedap

Tumis daging sapi dan sayur

Jika kamu ingin memasak daging sapi dengan lebih simpel, kamu juga bisa mencoba tumis daging dan sayur. Untuk pemilihan sayur, kamu bisa memakai brokoli, buncis, ataupun kacang panjang sesuai selera. Pastikan kamu memotong kecil-kecil daging sapinya sebelum ditumis bersama sayur agar memudahkan saat makan. Jangan lupa bumbui dengan saos tiram agar lebih lezat dan gurih. 

Nasi biryani kambing 

Biryani kambing bisa kamu coba jika kamu ingin merasakan citarasa yang berbeda dari biasanya. Untuk pengolahan kambingnya sendiri, kamu bisa memarinasi daging kambing dengan berbagai rempah lalu masukkan ke dalam panci presto hingga daging empuk. Meskipun memiliki condiment yang cukup banyak dan proses memasak yang agak rumit, dijamin kamu akan ketagihan dengan resep yang satu ini. Nasi biryani yang dimasak dengan rempah juga akan memberikan nutrisi yang cukup sebagai pendamping daging kambing. 

Photo by Mario Raj on Unsplash

Itu tadi 3 olahan sehat daging kurban yang bisa kamu coba di rumah ya, minimates. Kamu juga bisa memanggang daging yang kamu punya, daripada memasaknya dengan santan. Meski begitu, minimates nggak perlu terlalu khawatir juga jika harus menambahkan santan atau bahan-bahan yang berkolesterol dan kalori tinggi. Sekali-kali juga nggak apa-apa kok, asalkan tetap punya kontrol dan kesadaran diri dan mengonsumsinya, ya. Jangan lupa juga imbangi dengan konsumsi buah serta sayur yang cukup agar nutrisimu dalam makananmu tetap terjaga. Selamat mencoba, minimates! 



Cover Photo by Victoria Shes on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...