IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

#SerenitySunday: Manfaat Latihan Mindfulness dengan Terapi Musik

#SerenitySunday: Manfaat Latihan Mindfulness dengan Terapi Musik

Bagaimana kabar minimates hari ini? minimin berharap semoga fisik maupun mentalmu senantiasa sehat, ya. Namun, jika belakangan ini hari-hari terasa menantang dan berat, it’s okay to slow down a bit and heal. Kali ini, minimin ingin menyarankan kamu melakukan terapi penyembuhan melalui latihan mindfulness menggunakan aspek musik. Terapi musik bisa banget meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mentalmu. 


FYI, penyembuhan dengan suara diyakini berasal dari zaman Yunani Kuno dan telah digunakan sejak saat itu untuk menyembuhkan gangguan mental. Sepanjang sejarahnya, musik telah digunakan untuk meningkatkan moral pasukan militer serta membantu orang bekerja lebih cepat dan lebih produktif. Orang-orang Yunani Kuno juga bahkan melakukan pengusiran roh jahat lewat nyanyian, lho!


Baru-baru ini, penelitian juga telah menyatukan musik dengan sejumlah latihan mindfulness yang bermanfaat untuk kesehatan. 

MINDFUL MEDITATION WITH HEALING SOUND

Meditasi ini merupakan bentuk penyembuhan suara yang mengharuskan minimates bermeditasi, baik duduk maupun berdiri, asalkan fokus pikiran hanya pada pernapasan dan visualisasi setiap nafas sebagai sarana menarik energi penyembuhan. Latihan mindfulness ini dikombinasikan dengan healing sound seperti suara hujan, air terjun, dan juga tibetan atau healing bowl yang memancarkan frekuensi yang dibutuhkan saat berlatih. Sekarang sudah banyak sekali audio dan playlist yang menawarkan kumpulan healing sounds ini, baik di YouTube maupun di Spotify. 

manfaat latihan mindfulness terapi musik

Photo by Magic Bowls on Unsplash


Selain itu, bicara soal pengaruhnya terhadap well-being kita, penelitian telah menemukan bahwa latihan ini secara sadar menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, di antaranya:

  • mengurangi stres
  • menurunkan tingkat kecemasan dan depresi
  • meningkatkan memori
  • mengurangi tekanan darah
  • mengurangi rasa sakit dan rasa lelah
  • menurunkan kolesterol
  • menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

    Nah, itu dia manfaat latihan mindfulness dengan terapi musik. Jika hari-hari mulai terasa berat, boleh banget investasi waktu sebentar buat latihan mindfulness dengan healing sound. Kamu bisa mencoba melakukan meditasi ini di manapun, terutama di alam terbuka. Selamat mencoba ya, minimates!


    Featured image by cottonbro from Pexels

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published

    Loading...