IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

#SerenitySunday: Mindfulness Practice to Build Mental Resilience

#SerenitySunday: Mindfulness Practice to Build Mental Resilience

Hi minimates! Di masa-masa yang menantang seperti ini tentu kita berusaha untuk tetap kuat mengarungi kehidupan yang penuh tantangan. Seminar online, nonton siaran langsung para content creator yang bahas topik sesuai kebutuhan dan baca artikel yang berguna meningkatkan kesehatan mental nampaknya sudah tak asing.

Kali ini minimin mau bahas soal Mental Resilience dan bagaimana langkah praktis mewujudkannya dalam tindakan sehari-hari. Sebelum kita bahas lebih lanjut, apa sih Mental Resilience? Secara harfiah artinya yaitu ketahanan mental atau bisa juga diartikan kemampuan individu untuk tetap mampu bertahan, tetap stabil dan sehat secara mental setelah melewati peristiwa-peristiwa yang traumatis.

by Zhanna Fort from Pexels

Latihan Mindfulness banyak dikenal sebagai latihan sadar guna memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi saat ini dengan melibatkan kesadaran penuh dan ketidakberpihakan. Ketahanan mental masing-masing individu perlu diperkuat. Berikut caranya:

1. Latih beberapa kesadaran diri

Apa tepatnya yang minimates rasakan sekarang dalam situasi ini? Iya benar, apapun situasi minimates sekarang. Apa yang minimates rasakan?? Jelaskan perasaan-perasaan itu. Beri nama jika bisa seperti tenang, sukar, penat, segar dan lain-lain.

2. Identifikasi apa pemicu stres atau trauma

Apa khususnya yang menyebabkan minimates merasa seperti begitu? Apakah itu kekhawatiran tentang kemampuan minimates sendiri? Kekhawatiran tentang apa yang mungkin dipikirkan seseorang tentang mu? Jadilah spesifik dan jujur ​​pada diri sendiri ya minimates.

3. Berusaha untuk menilai kembali situasi

Secara khusus, bayangkan apa yang bisa dipelajari dari ini. Jika situasi khusus ini terjadi lagi, dapatkah kamu memperoleh manfaat dari keterampilan untuk mengelola stres dengan lebih baik secara real-time? Atau keterampilan untuk lebih menerima perasaan minimates atau apa yang terjadi di sekitarmu? Bagaimana dengan keterampilan membayangkan penjelasan alternatif untuk momen tersebut?

4. Evaluasi dengan sadar

Luangkan waktu sejenak untuk menjauhkan diri dari situasi tersebut dan bagaimana perasaanmu ya, minimates. Sekarang, pertimbangkan apa yang berhasil dalam mengelola situasi ini? Selanjutnya, apa yang tidak berhasil? Apa yang tidak membantumu dengan baik atau produktif?

Akhirnya, pertimbangkan fokus masa depan. Ambil semua yang telah minimates lakukan pada langkah 1-4 dan pertimbangkan, “apa yang dapat saya lakukan di masa depan ketika hal ini atau hal serupa terjadi lagi?”

Kelebihan dari langkah-langkah ini adalah fleksibilitasnya. Lakukan setiap hari atau setiap minggu, sendiri atau bersama pasangan. Terapkan untuk pekerjaan atau kehidupan minimates secara umum.

Selamat mencoba, minimates!


Cover by FatCamera from Getty Images Signature 

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...