IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

#WorkFromHome: Tips Sederhana Menghindari Stres

#WorkFromHome: Tips Sederhana Menghindari Stres

Banyak pekerja di beberapa bidang mulai stres akibat diperpanjangnya PPKM, yang berarti bekerja dari rumah atau work from home diperpanjang juga. Terkadang, stres akibat pekerjaan seringkali dipicu oleh kecenderungan suka menunda dalam memulai pekerjaan, menyelesaikan proyek, atau bahkan belajar untuk hal-hal baru. 

minimates mungkin tahu apa yang harus dilakukan, tapi rasanya nggak ingin melakukannya saat ini juga. Sangat mudah untuk menunda tugas yang sulit atau memakan waktu hingga menit terakhir, tetapi jika minimates bertekad untuk melawan kebiasaan tersebut, berikut adalah beberapa tips untuk menghindari menunda pekerjaan. 

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Investasi Waktu

Nampaknya, minimates lebih cenderung menunda-nunda jika nggak memiliki rencana atau ide yang ditetapkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Berinvestasi waktu dalam perencanaan adalah ide yang bagus. Mulailah tracking semua tugas dan deadline-nya. Ketika tugas-tugas minimates mulai terorganisir, hal ini akan memberi kerangka kerja yang lebih teratur dan terukur.

Menghilangkan Gangguan

Menyingkirkan gangguan adalah tips lain untuk menghindari stres akibat penundaan memulai pekerjaan. Dengan membatasi jumlah gangguan di sekitar, kemungkinan besar minimates akan menyelesaikan apa yang perlu diselesaikan. Matikan telepon, pindah ke tempat yang tenang, dan dengarkan musik klasik atau white noise untuk meredam kebisingan. minimates bisa juga memulainya dengan membersihkan meja kerja minimates agar nggak ada lagi distraksi-distraksi kecil yang bisa mengganggu performa minimates dalam bekerja. 

Prioritaskan Satu Hal

Memprioritaskan pekerjaan dan tugas adalah cara lain untuk membantu minimates menghindari stres akibat penundaan. Setiap beberapa hari sekali, buatlah daftar apa yang perlu diselesaikan. Pastikan minimates mengerjakan tugas yang paling penting dan urgent terlebih dahulu. One thing at a time. Kemudian minimates bisa melanjutkan ke tugas di daftar selanjutnya. 

Menentukan Tujuan

Mungkin, salah satu alasan minimates menunda pekerjaan adalah karena apa yang harus dikerjakan mungkin tampak besar dan overwhelming. Jauh lebih mudah untuk memulai sebuah proyek ketika minimates menetapkan tujuan yang sederhana dan dapat dicapai daripada menghadapi rencana besar yang nggak jelas. Alih-alih mengatakan pada diri sendiri, "aku bakal bekerja hari ini," minimates bisa menggantinya dengan, "aku akan menganalisa keuangan perusahaan dengan teliti hari ini." Ini membuat tujuan Minimates nggak terlalu mengintimidasi dan lebih dapat dicapai.

Istirahat Cukup

Kiat lain untuk menghindari stres akibat penundaan adalah sesekali istirahat dari pekerjaan. Istirahat 10-15 menit saja sudah cukup kok minimates. Dengarkan musik, berjalan-jalan, atau minum minuman kesukaan—apa pun yang bisa mengalihkan pikiran dari pekerjaan dan memungkinkan minimates untuk bersantai. Sebuah studi dari Oregon State University menunjukkan bahwa istirahat dapat meningkatkan fokus, mengurangi stres, dan membantu menyimpan informasi dengan lebih baik.

Nah, begitulah cara sederhana untuk menghindari stres karena WFH diperpanjang. Semangat dan sehat selalu, minimates!

 

Featured Image by muratdeniz from Getty Images Signature

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...