IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

Mengenal Yoga dan 5 Manfaat Luar Biasa di Dalamnya

Mengenal Yoga dan 5 Manfaat Luar Biasa di Dalamnya

Kamu Mencari Olahraga Alternatif Selain Pergi Ke GYM?

Olahraga selalu diidentikkan dengan kegiatan yang memberatkan. Orang-orang cenderung melewatkan kegiatan bermanfaat satu ini karena dianggap begitu melelahkan dan menguras tenaga. Yuk, mengubah pemikiran tersebut dengan mengenal olahraga yang luar biasa satu ini: yoga. Yoga bukan hal yang asing di telinga masyarakat, tetapi apa sih sebenarnya yoga itu?

Yoga merupakan salah satu ajaran dalam filsafat Hindu. Berangkat dari ajaran-ajaran tersebut, yoga diketahui sebagai aktivitas untuk olah tubuh dengan berbagai gerakan dan instruksi postur, kemudian lebih dikenal dengan sebuah meditasi dengan memusatkan pikiran dan raga ke dalamnya. Meski terlihat sebagai olahraga dengan gerakan-gerakan yang sederhana, manfaat yang dihadirkan tidak main-main, lho. Apa aja sih?

1. Melancarkan metabolisme dalam tubuh

Yoga dianggap dapat memberi stimulasi pada metabolisme tubuh. Relaksasi yang dihadirkan dari gerakan yoga melancarkan aliran darah di dalam tubuh, selain itu memberikan efek baik untuk metabolisme. Lancarnya metabolisme ini menghadirkan manfaat turunan lainnya seperti tidur yang lebih nyenyak, pernafasan yang lebih lancar, dan masih banyak lagi.

2. Mengatur berat badan

Obesitas dapat dipengaruhi oleh metabolisme yang tidak lancar. Proses pencernaan yang terjadi di dalam tubuh terhambat bukan hanya persoalan makanan saja, lho. Namun dapat dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat. Gerakan-gerakan yoga yang kamu ikuti dapat membantu melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

3. Membentuk postur tubuh

Gerakan-gerakan yang terhimpun pada aktivitas yoga mampu menjaga sekaligus membentuk postur badan. Hal ini dikarenakan gerakan-gerakan tersebut telah disesuaikan dengan posisi badan yang baik, sehingga postur tubuh akan menyesuaikan posisi dalam gerakan-gerakan yoga.

4. Membantu mengelola kecemasan

Gerakan relaksasi yang ditawarkan pada yoga juga membantu menenangkan pikiran dan kejiwaan. Hal ini dipengaruhi oleh kadar kortisol atau hormon stress dalam tubuh yang dikontrol dan ditenangkan dalam proses meditasi.

5. Sebagai opsi alat pengobatan

Banyaknya manfaat yang diberikan oleh yoga memberi inisiatif bagi masyarakat untuk menjadikannya sebagai alternatif pengobatan. Namun, tentu saja yoga tidak dapat dijadikan sebagai pengobatan utama yang menggantikan pengobatan konvensional, ya. Alternatif ini dimaksudkan juga sebagai penunjang pengobatan utama.

Manfaat Yoga yang tidak sedikit ini membuat orang-orang melakukannya secara rutin. Namun, melakukan Yoga tidak boleh sembarangan, untuk para pemula dianjurkan mencari referensi bahkan pelatih pribadi. Anjuran ini agar pemula tidak salah gerakan atau malah cedera saat melakukan yoga. Apakah yoga bisa membuat cedera? Tentu berpeluang sebab gerakan-gerakan yoga bukan gerakan yang bisa dilakukan seadanya. Dengan manfaat yang banyak, yoga bisa menjadi pertimbangan untuk olahraga rutinan. Kamu tertarik?

Sumber: Yoga: What You Need To Know - NCCIH

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...