IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

Vinyasa Yoga: Mindful, Kuat, dan Fleksibel Lewat Perpaduan Gerak Tubuh dan Napas

Vinyasa Yoga: Mindful, Kuat, dan Fleksibel Lewat Perpaduan Gerak Tubuh dan Napas

Vinyasa yoga, atau disebut juga ‘flow’ karena rangkaian pose-posenya (asana) yang dilakukan dengan mulus dan transisinya yang dinamis, merupakan salah satu gaya yoga kontemporer yang paling populer. Vinyasa bisa diterapkan dalam berbagai jenis yoga dan merupakan payung besar yang menaungi berbagai jenis yoga, termasuk Ashtanga dan power yoga

Apa itu Vinyasa Yoga? 

Secara etimologi, “vinyasa” memiliki arti “koneksi” dalam Bahasa Sansekerta. Sedangkan dalam asana yoga, istilah ini dapat diartikan sebagai hubungan antara gerakan dan napas atau hubungan antar asana dalam rangkaian yang mengalir secara dinamis. 


Dalam vinyasa yoga, setiap gerakan diselaraskan dengan ritme pernapasan untuk menciptakan serangkaian aliran yang dinamis. Napas bertindak sebagai ‘jangkar penentu’ saat kamu berpindah dari satu pose ke pose berikutnya. Artinya, gerakan dilakukan saat kamu menarik atau menghembuskan napas, atau satu tarikan napas satu gerakan. 


Sebagai contoh, cat-cow pose merupakan gerakan vinyasa yoga yang paling sederhana. Untuk melakukannya, kamu perlu melengkungkan tulang belakang saat menarik napas dan membungkukkannya saat mengembuskan napas. Contoh yang lain adalah rangkaian sun salutation atau suryanamaskaram yang merupakan vinyasa yang lebih kompleks. Setiap gerakannya ditandai dengan menghirup atau mengembuskan napas. 


Vinyasa yoga merupakan kebalikan dari hatha yang cenderung fokus pada satu pose pada satu waktu dan di antara tiap pose juga disertai dengan periode istirahat. Sebaliknya, vinyasa yoga menyambungkan beberapa asana untuk membuat sebuah rangkaian yoga. Rangkaian yang dibentuk bisa bersifat tetap dan kaku, seperti dalam Ashtanga yang posenya selalu dilakukan dalam urutan yang sama. Namun seringnya, guru vinyasa memiliki keleluasaan dalam mengatur rangkaian asana dengan cara mereka sendiri dan tidak terlalu mementingkan urutan gerak dan postur yang kaku. Kamu bisa melakukan urutan gerakan apapun selama itu nyaman. 

Manfaat Vinyasa Yoga untuk Tubuh dan Pikiran Kita

Fungsi vinyasa yoga sendiri adalah untuk menggunakan sistem pernapasan sebagai penyelaras antara tubuh dan pikiran. Kamu akan mengembangkan koneksi yang lebih erat antara tubuh dan pikiran. Vinyasa yoga juga jadi sarana yang menyenangkan dan cara yang bagus untuk membangun komunitas bersama teman-teman dan guru kelas yoga kamu. 

vinyasa yoga fleksibilitas mindfulness strength

Photo by KoolShooters from Pexels

Selain itu, manfaat yang paling terlihat setelah melakukan vinyasa yoga adalah kekuatan serta fleksibilitas. Karena kamu berkonsentrasi penuh pada ritme pernapasan, paru-paru kamu akan menjadi lebih kuat. Nggak hanya itu, fokus pada pernapasan dan fisik saat mempraktikkannya akan menghasilkan sikap yang lebih mindful dan damai dalam keseharianmu, bahkan jika kamu mengambil kelas nonspiritual. 

Apakah Vinyasa Yoga Cocok untuk Kamu?

Kekuatan vinyasa yoga terletak pada keragamannya. Kalau kamu adalah orang yang aktif serta suka hal-hal yang nggak terlalu kaku dan nggak terduga, gaya ini patut kamu coba. Vinyasa yoga bisa memberikan kamu paket lengkap: rhythmic movement, keringat, dan meditasi. Jika kamu mencari keseimbangan yang baik antara upaya fisik dan introspeksi, vinyasa yoga cocok untuk kamu.


Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut soal vinyasa atau ingin connected lewat vinyasa yoga di momen-momen WFH seperti sekarang, jangan lewatkan kelas vinyasa "Let Your Energy Flow" tanggal 17 Maret 2022 bersama Kak Angelia Latief yang akan memandu kita untuk embrace setiap energi yang ada di diri kita. Kamu akan bisa melakukan praktik meditatif dengan menyelaraskan gerak tubuhmu dengan ritme pernapasan untuk mengalirkan semua energi yang ada di dalam dirimu. Yuk, daftarkan diri kamu di form ini!


See you on the upcoming class, minimates!

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...