IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Apakah Compound Exercises Lebih Baik daripada Isolation Exercises?

Apakah Compound Exercises Lebih Baik daripada Isolation Exercises?

Hai, minimates! 


Setelah sebelumnya kita mempelajari soal apa itu compound exercise dan isolation exercise serta gerakan-gerakan dari keduanya yang bisa kita masukkan ke rangkaian workout kita, kali ini kita bakal ngobrol soal siapa yang lebih unggul di antara keduanya. 


Compound exercise jadi inti dari berbagai program kebugaran. Nggak seperti isolation exercise yang kebanyakan harus dilakukan memakai weight machines atau alat-alat kebugaran, compound exercise lebih terfokus pada kebugaran fungsional yang kebanyakan latihannya menyerupai aktivitas sehari-hari, seperti membuang sampah dan mencuci. 


Kalau compound exercise punya keunggulan memiliki gerakan yang lebih menyeluruh dan bisa menargetkan banyak kelompok otot, isolation exercise juga bermanfaat lho dan merupakan salah satu latihan yang membuat program latihan kita jadi well-rounded. Karena keduanya memiliki keunggulan masing-masing dan akan sangat powerful jika digabungkan, fitness experts merekomendasikan kita untuk melakukan keduanya dalam rutinitas workout kita. 

Photo by Sam Moqadam on Unsplash

Jadi, benar nggak sih compound exercise lebih unggul daripada isolation exercise? Jawabannya, tergantung sih. Baik compound maupun isolation punya tempat tersendiri dalam regimen latihan yang dianggap well-rounded dan baik dan porsi keduanya memang harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita. Kalau kamu tertarik untuk melakukan latihan yang lengkap, efisien, dan lebih fungsional, sebaiknya compound exercise harus ada secara dominan dalam rangkaian workout yang kamu pilih. Namun, jika kamu ada pada situasi yang mengharuskan kamu untuk mengisolasi dan memperkuat otot tertentu, isolation exercise akan sangat direkomendasikan. 


Jika kamu masih belum yakin mana yang lebih cocok buat kamu, kamu bisa banget meminta bantuan pada personal trainer atau athletic trainer yang akan membantumu menemukan ketidakseimbangan otot atau kelemahan yang mungkin saja kamu miliki. Mereka juga akan mendesain program kebugaran agar sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu. Kamu juga bisa melakukan compound workout tiga hingga empat kali seminggu dan isolation workout dua kali seminggu. 



Featured image by Scott Webb on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...