IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

Ingin Memulai Rutinitas Jogging? Ingat 4 Tips ini!

Ingin Memulai Rutinitas Jogging? Ingat 4 Tips ini!

Jogging merupakan salah satu olahraga aerobik yang patut untuk dipertimbangkan ketika minimates ingin memulai olahraga. Namun, apa sih sebenarnya perbedaan antara lari dan jogging? Well, secara teknis, lari lebih cepat dan membutuhkan lebih banyak tenaga fisik daripada jogging. Makanya, kalori yang dibakar saat melakukan olahraga lari akan lebih besar. Di sisi lain, jogging merupakan slow run yang memiliki irama jalan yang lebih lamban dan melambung. Maka dari itu, jogging sangat cocok untuk minimates yang baru memulai rutinitas berolahraga. Nah, buat minimates yang mau mulai olahraga jogging, berikut ini adalah tips-tips yang bisa minimates perhatikan:

Tempat yang aman

Jogging di atas tanah atau di tempat yang memiliki permukaan lenting sangat direkomendasikan. minimates baiknya menghindari permukaan yang berbatu dan enggak rata karena akan berisiko keseleo. Selain itu, minimates sebaiknya juga enggak jogging di atas trotoar atau jalanan beraspal kecuali jika minimates harus melakukannya dan memakai sepatu yang bagus untuk menghindari cedera. Juga, jogging di atas permukaan berumput juga kurang direkomendasikan karena permukaannya yang seringnya enggak rata dan bisa menyebabkan foot plant yang enggak mulus juga.

Photo by Tara Glaser on Unsplash

Waktu yang tepat

minimates bisa melakukan jogging kapan saja ketika merasa nyaman. Namun, jika jogging dilakukan rutin setiap hari, tubuh akan tampil dengan lebih baik. Beberapa ahli mengatakan bahwa jogging di sore hari adalah waktu yang paling tepat. Di sore hari, kebanyakan orang akan merasa lebih relax karena pekerjaan mereka sudah selesai. Selain itu, sistem pencernaan juga sudah selesai mencerna makan siang ketika sore hari. Perlu diingat, ya, minimates, jogging baiknya dilakukan dua jam atau lebih setelah makan. Juga, jangan melakukan jogging atau lari ketika sedang sakit atau sedang minum antibiotik, ya, minimates.

Sepatu sesuai kebutuhan

Sepatu jadi barang paling penting yang harus diperhatikan ketika minimates ingin memulai jogging. Pastikan sepatu yang minimates gunakan pas dengan kebutuhan dan ukuran kaki minimates. Apa aja sih komponen penting yang harus dimiliki sepatu jogging?

  • Heel support yang memadai
  • Memiliki arch support yang bagus, di bagian luar dan di dalam
  • Ringan (memiliki bobot 9-12 ons)
  • Sol yang fleksibel tergantung kebutuhan kamu. Pastikan enggak terlalu kaku, ya, minimates, karena tegangan yang dihasilkan akan menyebabkan cedera kaki.
  • Memiliki panjang ekstra. Perlu diingat kalau kaki bisa bengkak setelah beberapa kali melakukan latihan.

    Pakaian yang nyaman

    Pakaian yang dipakai jogging harus menyesuaikan suhu agar minimates tetap bisa merasa nyaman ketika jogging. Untuk cuaca di Indonesia yang cenderung panas dan cerah hampir sepanjang tahun, pakaian yang pas digunakan adalah pakaian yang memiliki warna cerah agar enggak menyerap cahaya matahari sehingga enggak bikin gerah. Pakaian yang berbahan nilon dengan desain loose juga sangat direkomendasikan agar bisa tetap nyaman ketika jogging. Selain itu, minimates juga bisa memakai headband untuk menghalau keringat agar enggak masuk ke mata.

    Untuk mendukung minimates dalam memulai jogging, miniletics punya banyak banget produk athleisure yang keren dan bikin nyaman saat dipakai jogging. Dengan kualitas yang enggak diragukan lagi, miniletics menyediakan berbagai kebutuhan athleisure minimates mulai dari top, short, legging, sport bra, sampai headband. Jadi, tunggu apalagi? Cek katalog miniletics buat melengkapi kebutuhan outfit jogging minimates sekarang juga.

     

    Featured image by Cameron Venti on Unsplash

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published

    Loading...