IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Memperingati Hari Kanker Paru-Paru Sedunia, Yuk Intip Bagaimana Rutinitas Olahraga Bisa Mencegah Paru-paru Kita!

Memperingati Hari Kanker Paru-Paru Sedunia, Yuk Intip Bagaimana Rutinitas Olahraga Bisa Mencegah Paru-paru Kita!

Kita semua sudah tahu pasti bahwa olahraga baik untuk kesehatan tubuh kita. Kita juga pasti sudah tahu bahwa lewat olahraga, kita bisa mengecilkan lingkar pinggang kita, memperkuat jantung, dan bahkan meningkatkan suasana hati. Namun, minimates tahu nggak sih bahwa olahraga juga bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru kita dan mencegah kita dari risiko kanker paru-paru? 


Kanker paru-paru menjadi salah satu penyebab kematian terbesar saat ini. Banyak faktor penyebab tumbuhnya sel kanker pada paru-paru kita, termasuk terpapar kualitas udara yang buruk serta kebiasaan merokok. Risiko kanker dan penyakit paru-paru ternyata juga bisa meningkat jika kita jarang berolahraga dan hidup tidak sehat. 


Untuk memperingati Hari Kanker Paru-paru Sedunia, minimin akan berbagi info seputar kesehatan paru-paru dan bagaimana olahraga bisa mencegah risiko kanker serta penyakit paru-paru lainnya. 

BAGAIMANA OLAHRAGA MENGUATKAN PARU-PARU KITA?

Saat kamu aktif secara fisik, jantung dan paru-parumu akan bekerja lebih keras untuk memasok oksigen tambahan yang dibutuhkan otot. Makanya, nggak hanya otot, olahraga pastinya akan membuat jantung dan paru-parumu jadi lebih kuat. Ketika kebugaran fisikmu meningkat, tubuhmu jadi lebih efisien dalam mendapatkan oksigen ke dalam aliran darah dan mengangkutnya ke otot-otot yang bekerja. Itulah salah satu alasan mengapa kamu  cenderung nggak mengalami sesak napas selama berolahraga dari waktu ke waktu.


Beberapa jenis olahraga juga dapat memperkuat otot-otot leher dan dada, termasuk diafragma dan otot-otot di antara tulang rusuk yang bekerja sama untuk kekuatan menghirup dan menghembuskan napas.

Photo by Robina Weermeijer on Unsplash

ADAKAH JENIS OLAHRAGA TERTENTU UNTUK KESEHATAN PARU-PARU? 

Para ahli merekomendasikan untuk setidaknya orang dewasa melakukan 30 menit aktivitas fisik sebanyak lima hari dalam seminggu. Nggak harus punya program latihan formal kok untuk merasakan manfaatnya buat paru-paru. Beberapa aktivitas seperti berjalan cepat, bersepeda santai, berkebun, dan membersihkan rumah bisa kamu lakukan untuk memberikan kekuatan lebih pada paru-paru. 


Olahraga aerobik dan yang fokus pada penguatan otot bisa bermanfaat buat paru-parumu lho, minimates. Aktivitas aerobik seperti berlari  berjalan, atau lompat tali memberikan jantung dan paru-parumu sejenis latihan yang mereka butuhkan untuk berfungsi secara efisien. Selain itu, olahraga yang fokus pada penguatan otot seperti angkat beban dan pilates akan memberikan kekuatan inti, memperbaiki postur, dan membentuk otot pernapasanmu. Latihan pernapasan juga bisa memperkuat diafragma dan melatih tubuhmu untuk bernapas lebih dalam dan efektif. 

HAL YANG PERLU DIINGAT 

Namun, ada dua hal yang perlu kamu catat sebelum mulai memperkuat paru-parumu dan membuatnya lebih sehat ya, minimates: 

  • Selalu bicarakan dengan doktermu sebelum kamu memulai atau mengubah rutinitas olahragamu. Hal ini penting sekali terutama jika kamu punya kondisi kesehatan tertentu. 
  • Hindari olahraga di luar ruangan ketika tingkat polusi sedang tinggi. Ketika udara sedang buruk, sebaiknya kamu mencoba berjalan-jalan di mall atau gym atau menggunakan alat-alat olahraga. 

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu pelajari tentang kesehatan paru-paru dan rutinitas olahragamu. Paru-paru merupakan organ yang sangat penting untuk tubuh kita, sudah seharusnya kita menjaga dan ingin dia tetap sehat dan optimal agar kita tetap bisa beraktivitas dan hidup lebih nyaman. 


Cover Photo by Victor on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...