IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

#SerenitySunday: Breath Meditation for Strong Healthy Lungs

#SerenitySunday: Breath Meditation for Strong Healthy Lungs

Meditasi merupakan praktik Hindu kuno yang punya segudang manfaat spiritual. Meditasi sudah terbukti bisa membantu kita mengurangi stres, rasa cemas, depresi, dan rasa sakit. Ditambah lagi, penelitian terbaru menunjukkan bahwa meditasi memberikan beberapa manfaat fisik, salah satunya untuk paru-paru kita. Beberapa praktik dalam meditasi terbukti bisa memberikan kekuatan lebih pada paru-paru kita serta kesehatan tubuh kita, baik spiritual maupun fisik. 

MANFAAT SPIRITUAL BREATH MEDITATION

Beberapa hal di hidup kita mungkin membuat kita terasa menghimpit dan akhirnya menimbulkan perasaan cemas dan stres. Beberapa orang memilih coping mechanisms yang tidak sehat seperti rokok dan alkohol dalam menghadapi pikiran negatif. 


Padahal sebenarnya cukup dengan meditasi bisa membantu kamu menangani perasaan-perasaan negatif yang mengganggumu. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2012 menunjukkan kalau meditasi yang dilakukan hanya 11 jam dalam sebulan bisa menurunkan tingkat kecemasan, depresi, dan rasa marah. Hal ini lebih memberikan dampak positif daripada alkohol tentunya. 

MANFAAT FISIK BREATH MEDITATION

Memang benar kalau manfaat utama meditasi adalah untuk relaksasi serta menenangkan pikiran. Tapi tahu nggak sih kalau tubuh kita juga nggak kalah terdampak saat kita meditasi? 


Salah satu jenis meditasi napas melibatkan pernapasan dalam. Breath in-breath out untuk jangka waktu tertentu bisa meningkatkan kapasitas paru-paru, mirip dengan efek latihan kardio. Selama kamu mengatur waktu setiap hari untuk berlatih meditasi napas dalam, kamu akan bisa melihat kapasitas paru-parumu jadi lebih baik dalam waktu sebulan. Kuncinya adalah konsistensi. 


Meditasi juga berdampak baik buat jantung kita, lho. Duduk di tempat yang tenang dan fokus pada pernapasan akan sangat menenangkan. Hasilnya, jantungmu nggak perlu bekerja keras saat kamu dalam kondisi tenang. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa meditasi bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan mengurangi darah tinggi. 

MEMULAI BREATH MEDITATION

Nggak usah risau, minimates. Menguasai seni meditasi sepenuhnya memang susah, tapi sebenarnya nggak susah juga, kok. Salah satu meditasi terbaik untuk pemula adalah mindfulness meditation, yang fokus pada pernapasan. 

  • Cari tempat yang tenang jauh dari keramaian dan gangguan.
  • Duduk dalam posisi ternyamanmu dan tutup matamu. 
  • Saat melakukan napas masuk dan napas keluar, fokuskan langsung perhatianmu ke pernapasanmu. 
  • Pikiranmu mungkin berkelana, tapi hal ini wajar, kok. Kapanpun hal ini terjadi, fokus kembali pada pernapasan. 
  • Lanjutkan selama 5 menit. Perhatikan bagaimana kamu jadi lebih tenang dan damai setelahnya. 

Jika kamu menyisihkan waktu selama 5 menit setiap hari untuk bermeditasi, pada akhirnya kamu akan bisa meditasi selama 10 menit atau bahkan 20 menit. Para ahli meditasi bisa tahan selama satu jam, tapi kamu juga bisa merasakan manfaat bahkan dari sesi pendek sekalipun, kok. Setelah berhasil melakukannya selama beberapa waktu, lihat apa yang kamu rasakan dan bagaimana kamu bisa lebih tenang dalam menghadapi hari-harimu. 


Nah, agar kamu lebih nyaman dan tanpa distraksi, miniletics siap menemani meditasimu dengan beberapa activewear pilihan khusus untuk kamu. Kamu bisa memilih sports bra, tanks, maupun leggings yang cocok dengan karaktermu untuk menemani saat yoga dan meditasi. Yuk cek katalog ini atau langsung bisa cek official store miniletics di marketplace kesayanganmu, ya!  


Happy meditating, minimates! 


Cover Photo by Benjamin Child on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...