IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above IDR 400K

Pregnancy Fitness: Yoga Aman untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Pregnancy Fitness: Yoga Aman untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Hai, minimates!


Kehamilan merupakan momen dimulainya sebuah kehidupan di dalam diri kita yang indah dan luar biasa. Maka dari itu, kali ini minimin akan mengulas soal yoga yang aman untuk ibu hamil trimester pertama terkhusus buat kamu para ibu dan calon ibu yang ingin tetap sehat lahir batin selama hamil. Yoga sendiri adalah latihan yang bagus selama kehamilan karena bisa mengurangi stres, sakit, dan nyeri. Selain itu, yoga dipercaya bisa membantu menghubungkan jalinan batin antara minimates dan bayi di dalam perut. 


Sebelum berolahraga apa pun, selalu penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa latihannya aman untuk minimates dan bayi dalam kandungan. Hal ini karena ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai atau melanjutkan latihan yoga kamu selama trimester pertama: bagaimana perasaanmu? Apa tujuan latihan yoga ini? Apakah ini kehamilan pertama? Dan bagaimana kondisi kehamilan kamu menurut dokter? 


Jika kamu seorang yogis yang berpengalaman, haruskah terus berlatih seperti biasa dan pergi ke studio? Jika kamu seorang pemula, haruskah mendapatkan bimbingan khusus? 

Yoga Aman Saat Hamil

Photo by Yan Krukov from Pexels

 

Selama tiga bulan pertama kehamilan, kamu mungkin berpikir tubuhmu sepertinya belum melalui banyak hal karena enggak banyak perubahan yang terlihat. Namun kenyataannya, tubuhmu melakukan banyak pekerjaan penting dan sering kali melelahkan untuk menciptakan dan mempersiapkan lingkungan yang optimal bagi bayi untuk tumbuh. Hormon berubah secara drastis (terutama progesteron dan estrogen). Volume darah meningkat secara signifikan dan tekanan darah menurun sehingga jantungmu dapat dengan aman memompa cairan ekstra dari peningkatan volume darah. 


Jaringan ototmu lebih rileks dan persendian menjadi longgar karena hormon relaksin untuk memungkinkan rahim meregang. Semua aktivitas fisik internal ini dapat membuat kamu merasa sangat lelah selama trimester pertama meskipun belum ada perubahan bentuk tubuh yang signifikan.


Karena janin sedang berimplantasi dan plasenta sedang dibangun selama trimester pertama, penting untuk berhati-hati karena risiko keguguran paling tinggi adalah selama waktu ini. Latihan yoga yang lebih lembut seperti kelas restoratif sangatlah dianjurkan. minimates enggak disarankan untuk melakukan urutan yang intens seperti aliran vinyasa berenergi tinggi dengan lompatan ke belakang.


Berikut adalah beberapa panduan umum untuk berlatih yoga yang aman selama trimester pertama.

  • Pose berdiri (Tadasana) sangat bagus selama trimester pertama, seperti pose prajurit, serangan bulan sabit, dan pose sudut samping.
  • Pose keseimbangan berdiri (Virabhadrasana) juga aman selama trimester pertama. Karena tekanan darah rendah, kamu akan mudah merasa pusing selama waktu ini. Saat mempraktikkan pose keseimbangan berdiri, lakukan di dekat dinding atau gunakan semacam penyangga di dekatnya untuk bersandar jika perlu. Contoh yang bagus dari pose keseimbangan berdiri adalah pose pohon dan pose elang.
  • Pose lotus (Padmasana) aman untuk menenangkan pikiran, mengisi ulang energi dan meningkatkan kesadaran dan hubungan antara kamu dan si bayi.

 

Itu dia pose yoga aman untuk ibu hamil trimester pertama. Sebagai catatan, peregangan punggung boleh saja dilakukan asalkan enggak terlalu menekuk ke belakang ya, minimates. 


Have a happy and healthy pregnancy, minimates!


Featured image by Yan Krukov from Pexels

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...