IDR
  • IDR

Enjoy Free Shipping for every purchase above 400K rupiah

Butuh Unwinding lewat Yoga tapi Masih Newbie? Yuk Kenalan dengan Hatha Yoga!

Butuh Unwinding lewat Yoga tapi Masih Newbie? Yuk Kenalan dengan Hatha Yoga!

Hatha yoga adalah dasar dari segala jenis yoga, yang memiliki pose-pose yang tidak terlalu sulit dan dapat dilakukan dengan perlahan. Jika minimates punya kriteria: seorang newbie di dunia yoga, jarang berolahraga sehingga tubuh kurang fit, berniat untuk memperbaiki postur tubuh, ingin bisa mengatur stres dengan baik, atau malah keempat-empatnya, hatha yoga is made for you! Sama seperti vinyasa yoga, hatha yoga juga dikenal sebagai aktivitas fisik dan spiritual yang bermanfaat untuk kesehatan pikiran dan tubuh kamu

APA SAJA DI DALAM HATHA YOGA?

Ada bermacam-macam gaya yoga yang bisa kamu pilih. Kalau kamu menemui kelas tanpa ada nama di depannya atau hanya ‘yoga’ saja, kemungkinan besar yoga yang diajarkan adalah gaya hatha. Hatha dianggap sebagai yoga lembut yang berfokus pada pose statis dan sangat cocok untuk pemula. Namun, meskipun lembut, hatha yoga masih bisa menantang secara fisik dan mental. 


Untuk durasinya, tiap kelas hatha yoga biasanya berlangsung selama 45-90 menit, tergantung pada variasi dan instrukturnya. Selain itu, kelas biasanya dimulai dengan pemanasan yang lembut, dilanjutkan ke beberapa pose atau asana, dan diakhiri dengan meditasi singkat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rincian umum tiap kelas hatha yoga:

Latihan Pernapasan 

Kebanyakan kelas hatha yoga dimulai dengan pranayama atau periode saat fokus mengatur napas. Saat melakukan beberapa pose, guru akan terus mengingatkan kamu untuk fokus pada napas dan mungkin menawarkan latihan pernapasan yang berbeda untuk dicoba. 

Pose/Asana

Pose yoga, atau juga disebut gerakan atau asana, adalah serangkaian gerakan yang membantu kita meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan. Pose memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, mulai dari berbaring di lantai sampai posisi yang menantang secara fisik seperti taraksvana. Jika kamu mengalami kesulitan selama melakukan suatu pose, guru akan memberikanmu alternatif pose lain yang sudah dimodifikasi. 

Meditasi 

Kebanyakan kelas diakhiri dengan meditasi singkat. Selama refleksi yang tenang dan sunyi ini, guru akan meminta kamu untuk berbaring telentang dan beberapa akan menutupi tubuh kamu dengan selimut. Beberapa guru juga memandu kamu bermeditasi atau bisa juga dengan menggunakan Tibetan bowls

lima wanita pose yoga berdiri di pantai

Photo by Kaylee Garrett on Unsplash

MANFAAT HATHA YOGA

Banyak manfaat dari hatha yoga yang telah diungkapkan oleh para yogi sekaligus sudah dibuktikan secara ilmiah, di antaranya: 

  • Manajemen stres: teknik pernapasan dan meditasi yang ada di dalam rangkaian hatha yoga bisa menenangkan pikiran kita dan membuat kita merasa lebih rileks setelahnya. 
  • Sakit punggung dan leher: American College of Physicians merekomendasikan yoga sebagai metode yang bisa digunakan untuk meredakan sakit punggung. Rekomendasi tersebut didukung oleh beberapa penelitian  yang mengungkapkan bahwa yoga bisa mengurangi sakit pinggang dan meningkatkan fungsinya dengan manfaat jangka pendek dan menengah. Di samping itu, sebuah meta analisis dari beberapa penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Medicine menyimpulkan bahwa hatha yoga bisa mengurangi intensitas nyeri leher dan disfungsi yang diakibatkan rasa sakit itu. Yoga juga sekaligus meningkatkan jangkauan gerak pada leher. 
  • Menopause: Yoga dapat meredakan gejala fisik dan psikologis menopause, termasuk hot flashes, atau sensasi rasa panas yang muncul tiba-tiba pada wanita yang menopause, menurut tinjauan National Institutes of Health's National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) terhadap lebih dari 1.300 peserta studi.
  • Pola tidur: beberapa penelitian yang diulas oleh NCCIH menemukan bahwa yoga bisa memperbaiki kualitas dan durasi tidur kamu. Dalam penelitian ini, populasi yang merasakan manfaat yoga terhadap pola tidur mereka termasuk pasien kanker, orang dewasa, penderita arthritis, wanita hamil, dan wanita dengan gejala menopause. 
  • Kesehatan mental: hatha yoga berdampak positif pada kesehatan mental dan terbukti meningkatkan resilience atau kesejahteraan mental, menurut 10 dari 14 penelitian yang dilakukan NCCIH. 

Nah, itu dia beberapa manfaat serta hal-hal yang bisa kamu pelajari di dalam kelas hatha yoga. Kelas hatha yoga akan memberi kamu kesempatan untuk meregangkan otot-otot yang kaku, melepas lelah dan ketegangan, serta memberi kamu kesempatan untuk healing dari kesibukanmu. Makanya, jangan lupa register kelas “Hatha Yoga: Move with Heart” yang akan dipandu oleh Kak Intan tanggal 21 Maret 2022 mulai pukul 07.30 WIB nanti, ya! 


Cover Photo by Patrick Malleret on Unsplash

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Loading...