All About Miniletics

Tips Membangun Pikiran Positif agar Tubuh Tetap Sehat

by miniletics Admin on Apr 22, 2021

Tips Membangun Pikiran Positif agar Tubuh Tetap Sehat

Minimates pasti pernah mendengar tentang dampak dari memiliki pemikiran positif yang bisa membuat tubuh tetap sehat. Ternyata semua itu bukan cuma rumor lho, minimates. Banyak studi oleh para ahli yang menunjukkan bahwa pikiran positif memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Ada berbagai penyakit yang bisa diatasi dengan berpikir positif. Orang dengan pola pikir positif bisa menjadi lebih sehat karena memiliki kemampuan menghadapi stres yang dimiliki. Menurut sebuah penelitian, pasien yang optimis cenderung akan lebih semangat menjalani pengobatan proses pemulihan.

tips berpikir positif

Berikut beberapa manfaat lain dari berpikir positif yang sudah dibuktikan secara ilmiah yang perlu minimates tahu:

  • Menurunkan risiko serangan jantung
  • Menurunkan risiko diabetes dan hipertensi
  • Mencegah depresi
  • Memperkuat sistem imun tubuh
  • Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan meningkatkan konsentrasi

Meskipun banyak manfaatnya, ternyata membiasakan pola pikir positif di kehidupan sehari-hari tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak yang beranggapan kalau berpikir positif itu adalah mengabaikan masalah yang dihadapi dalam hidup. Padahal berpikir positif itu lebih ke bagaimana kita melihat dan menyikapi masalah tersebut.

Nih minimin kasih beberapa tips supaya minimates bisa membiasakan diri berpikir positif.

Lakukan positive self-talk

Hal yang masih jarang disadari adalah pentingnya melakukan self-talk atau berbicara pada diri sendiri. Apa yang kita ucapkan ke diri kita sendiri bisa membentuk pola pikir kita: kita akan memiliki pola pikir negatif jika kita sering mengucapkan hal-hal yang pesimistis ke diri sendiri, sebaliknya pola pikir positif akan tertanam jika mengucapkan hal-hal optimistis.

 

jaga kesehatan mental dengan berpikir positif

Photo by TréVoy Kelly (Pixabay)

Ubah cara pandang melihat masalah

Biasanya jika sedang dilanda masalah, kita merasa yang paling sial di dunia. Hal ini harus segera diubah agar menjadi lebih positif. Selalu lihat sisi baik dari sebuah masalah. Anggap kegagalan menjadi sebuah pembelajaran dan kita pasti bisa memperbaiki hal tersebut.

Berteman dengan orang-orang yang memberikan pengaruh positif

Lingkungan yang positif akan membentuk pola pikir kita menjadi positif juga. Dengan begitu kamu bisa semakin mengembangkan diri ke arah yang lebih baik dengan dukungan orang-orang di sekitar.

Lakukan meditasi dan yoga

Meditasi dan yoga bertujuan untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Dengan pikiran yang tenang kita juga bisa lebih berpikir positif. Yoga juga memiliki banyak manfaat lain yang tidak hanya membentuk pola pikir negatif tapi menjaga postur tubuh dan mengontrol berat badan.

Membangun pola pikir positif dalam kehidupan sehari-hari memang tidak bisa dilakukan secara instan, tapi minimates bisa mulai membiasakannya dari hal-hal kecil. Yang terpenting adalah keinginan kita untuk tetap sehat sehingga semuanya akan menjadi lebih mudah. Stay positive, minimates!

 

Cover photo by Jill Wellington (Pixabay)

Leave a Comment

Your email address will not be published.